dc.contributor.author | Kristian Suhartadi Widi Nugraha | |
dc.date.accessioned | 2013-12-20T09:56:50Z | |
dc.date.available | 2013-12-20T09:56:50Z | |
dc.date.issued | 2013-12-20 | |
dc.identifier.nim | NIM040810201031 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11539 | |
dc.description.abstract | Strategi merupakan alat dan cara untuk mencapai tujuan dan memenangkan sesuatu
dengan optimaslisasi sumber daya yang ada. Strategi dapat dilakukan dengan
maksimal jika perusahaan mampu dan jeli melihat dan menilai lingkungan internal
dan eksternal. Penggunaan strategi merata pada semua aspek termasuk sektor
pariwisata sebagai bagian dari usaha jasa. Pariwisata sebagai usaha jasa juga
menghadapi dua besaran lingkungan yaitu lingkungan internal yang terdiri dari
kekuatan dan kelemahan serta lingkungan eksternal yang berisi peluang dan ancaman
sehingga langkah awal perusahaan adalah menemukan konsep tentang meramu
kekuatan dan peluang dengan berusaha mengatur kelemahan dan ancaman yang
dihadapi perusahaan berbagai sektor. Mengingat munculnya strategi karena adanya
keterbatasan perusahaan dalam mencapai tujuan maka perusahaan berusaha
semaksimal mungkin menghasilkan rumusan strategi yang terpercaya. Penelitian ini
mengambil tema strategi pada sektor pariwisata dengan judul “Strategi
Pengembangan Wisata Agro pada PT. Perkebunan Nusantara XII (Persero) Kebun
Wonosari Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi
lingkungan internal dan eksternal serta menganalisis alternatif strategi
pengembangan dan merumuskan strategi pengembangan. Populasi dari penelitian ini
adalah semua karyawan bagian wisata agro secara umum dari internal dan semua
pengunjung wisata agro Wonosari dari eksternal dengan sampel sebanyak 70 orang
dengan pembagian 35 responden dari internal dan 35 responden dari eksternal.
Metode analisis yang digunakan dengan SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity
and Threats) dengan kombinasi matrik IFAS (Internal Strategic Analysis Summary),
EFAS (Eksternal Strategic Analysis Summary) dan matrik Internal Eksternal serta
memakai Kerangka Kerja Empat Langkah sebagai penjelas langkah yang diambil.
Simpulan dari penelitian ini adalah wisata agro berada pada posisi strategis yaitu
pada posisi dominan kekuatan dan peluang serta berada pada posisi bertumbuh
sehingga masih memungkinkan diadakan perbaikan dan pengembangan. Selain itu
dalam pengembangan wisata agro Wonosari dapat dirumuskan beberapa strategi atau
langkah yang dapat diambil pengelola dalam mengembangan wisata agro salah
satunya adalah promosi, pengembangan produk, pengembangan sumber daya
manusia dan terbangunnya daya tarik wisata. Saran yang diajukan dalam penelitian
ini adalah peningkatan promosi yang berkelanjutan pada semua elemen masyarakat
serta pembenahan internal seperti pelatihan karyawan dan pengendalian biaya
operasional. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 040810201031; | |
dc.subject | Wisata Agro | en_US |
dc.title | STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA AGRO PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII (PERSERO) KEBUN WONOSARI MALANG | en_US |
dc.type | Other | en_US |