Perancangan User Interface Aplikasi Media Pembelajaran Al-Quran Berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking
Date
2023-01-17Metadata
Show full item recordAbstract
Taman Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia dini pada jalur formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. Secara harfiah, usia anak 4 sampai 6 tahun disebut sebagai masa usia prasekolah. Beberapa anak yang kurang dalam memahami materi yang diajarkan oleh gurunya kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal antara lain kurangnya alat peraga, dan minimnya media sebagai sumber belajar. Media pembelajaran memiliki peranan yang penting karena dapat membantu proses belajar mengajar antara guru dengan siswa.Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking untuk mengembangkan rancangan desain user interface media pembelajaran Al-Quran. Adapun tahapannya terdiri dari Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode Design Thinking dapat digunakan dalam perancangan desain user interface media pembelajaran Al-Quran. Pengembangan rancangan desain user interface media pembelajaran ini membutuhkan karakteristik pengguna yang menjadi landasan dan acuan utama dalam rancangan desain media pembelajaran. Rancangan desain user interface yang dibangun menggunakan metode ini melalui banyak proses, sehingga dapat menciptakan sebuah media pembelajaran baru bagi anak tk dalam belajar dasar-dasar mengaji Al-Quran yaitu dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah, harokat, tanwin dan iqro’.Diharapkan dalam mengembangkan perancangan user interface ditambahkan berbagai macam pelatihan mengenai pembelajaran membaca Al-Quran seperti huruf-huruf bersambung, tanda baca lainnya, dan tajwid secara lengkap.