Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat dalam Memilih Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang Jember
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam memilih tabungan emas di pegadaian syariah cabang Jember. Penelitian ini mengkaji pengaruh variable pengetahuan produk, manfaat finansial, nilai religiusitas, informasi konsumen terhadap minat masyarakat dalam memilih tabungan emas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode logistik biner (logit). Data yang digunakan dalah data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara terhadap 100 responden. Temuan penting dari penelitian ini adalah bahwa perilaku konsumen dibentuk oleh informasi yang diterimanya. Hal ini ditunjukkan oleh variabel informasi konsumen dan pengetahuan produk yang secara statistic berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dalam memilih produk tabungan emas di pegadaian syariah cabang Jember, sementara variabel manfaat finansial dan nilai religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat dalam memilih produk tabungan emas di pegadaian syariah cabang Jember.