Daya Saing UMKM Industri Kreatif Era Digital Economics di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini ialah untuk menganalisis daya saing industri kreatif era digital economics pada UMKM di Desa Tutul serta menganalisis alternatif rekomendasi untuk meningkatkan nilai daya saing UMKM di Desa Tutul. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan metode analisis data menggunakan metode Product Service System (PSS). Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu daya saing UMKM industri kreatif di Desa Tutul masuk pada kategori medium yang dilihat dari kuantitas produksi yang harus ditingkatan akibat dari dampak pandemi covid-19 yang sempat membuat perekonomian terhenti sementara. Selain itu produk yang dihasilkan memiliki kemiripan sehingga membutuhkan adanya ciri khas atau produk pembeda. Serta adanya kemampuan dari sumber daya manusia dalam menggunakan digital perlu ditingkatkan. Alternatif yang dapat diberikan yaitu adanya aktivitas daur ulang yang dapat digunakan sebagai variasi produk dan juga dapat meningkatkan kuantitas penjualan sehingga pengolahan lebih lanjut pada limbah dapat teratasi, serta adanya peningkatan kemampuan melalui pelatihan mengenai pengunaan digital dan serta adanya pelatihan mengenai inovasi produk.