dc.contributor.author | SATRIA, Aldho Bagus | |
dc.date.accessioned | 2023-04-06T04:39:23Z | |
dc.date.available | 2023-04-06T04:39:23Z | |
dc.date.issued | 2022-11-30 | |
dc.identifier.nim | 181910501033 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/114531 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 6 April 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Bandar udara merupakan kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas
tertentu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas
Bandar udara merupakan kawasan di daratan dan atau perairan dengan batas
tertebtu yang digunakan sebagai tempat pesawat udara mendarat dan lepas landas.
Bandar Udara Notohadinegoro merupakan salah satu Bandar Udara yang terletak
di Kabupaten Jember. Bandar udara ini salah satu Bandar Udara di Indonesia yang
difungsikan sebagai tempat kegiatan alih moda transportasi. Adanya moda
transportasi ini lebih memudahkan untuk penumpang dapat beralih dari tempat
satu ketempat lain dalam waktu yang lebih efisien. sehingga perlu adanya
pengembangan Bandar udara baik dari segi kinerja fasilitas Bandar Udara maupun
dari pelayanan. Pengembangan perencanaan Bandar Udara Notohadinegoro perlu
dilakukan untuk meningkatkan peningkatan pengoperasian bandar udara. Hal ini
didukung dengan beberapa potensi yang dimiliki Kabupaten jember dalam
bidang pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan
pelanggan dengan menstrategikan perbaikan dan penambahan sarana dan
prasarana agar dapat memberi kenyamanan dan keamanan kepada setiap
pelanggan di Bandar Udara Noto Hadinegoro di Kabupaten Jember.
Rancangan penelitian ini menggunakan metode IPA dan SWOT dengan
pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para
pengunjung Bandar Udara Notohadinegoro. Teknik pengambilan sampel
menggunakan rumus Slovin dimana diambil dari perhitungan yang dihasilkan oleh
jumlah responden pelanggan Bandar Udara Notohadinegoro. Sampel yang
digunakan sebanyak 98 responden dengan beberapa kriteria. Penelitian ini
menggunakan data kuantitatif dan menggunakan startegi matriks EFAS IFAS.
Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer, pengamatan secara langsung,
kuesioner dan wawancara, serta data sekunder. Metode pengumpulan data
menggunakan kuesioner melalui google form dan pembagian kuesioner secara
langsung kepada stakeholder dengan periode pengisian 31 Mei 2022 – 6 Juli 2022.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis IPA dan SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) data pelanggan Bandar Udara
Notohadinegoro Jember terakhir beroperasi pada tahun 2019, dikarenakan pada
tahun 2020 memasuki masa pandemi dimana pelanggan untuk menaiki pesawat
berkurang drastis. 2) Pandemi covid-19 yang menyebabkan menurunnya
operasional Bandar Udara Notohadinegoro Jember. 3) Kepemilikan lahan Bandar
Udara Notohadinegoro yang masih belum sepenuhnya dimiliki oleh Bandar Udara
Notohadinegoro. 4) Kualitas pelayanan sarana dan prasarana bandara masih banyak
yang harus diperbaiki. 5) Kualitas potensi pelayanan sarana dan prasarana bandara
masih kurang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. | en_US |
dc.description.sponsorship | Ir. Nunung Nuring Hayati, S.T., M.T.
Ir.Rindang Alfiah, S. T.,M.T | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | SWOT | en_US |
dc.subject | IPA | en_US |
dc.subject | BANDAR UDARA | en_US |
dc.subject | STRATEGI | en_US |
dc.subject | PERSEPSI | en_US |
dc.subject | PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA | en_US |
dc.title | Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan di Bandar Udara Notohadinegoro Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Program Perencanaan Wilayah dan Kota | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Nunung Nuring Hayati, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ir.Rindang Alfiah, S. T.,M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |