Makna Iklan 50 Tahun Indomie (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Abstract
Citra serta pesan produk yang ditayangkan dalam iklan disebarkan dengan mengaitkannya terhadap isu-isu sosial yang ada di masyarakat dan divisualkan semenarik mungkin dengan harapan produk tersebut dapat mempersuasif khalayak luas. Artikel ini membahas terkait pemaknaan dalam iklan 50 Tahun Indomie yang didukung oleh unsur sinematik sebagai salah satu pembangun sebuah karya audiovisual. penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk mengungkapkan makna yang tersebunyi dalam iklan dan juga Sinematografi milik Thompson dan Bowen sebagai teori pendukung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian yang di dapatkan berupa iklan 50 Tahun Indomie berusaha untuk menanamkan mitos akan Indomie merupakan produk makanan yang harus selalu ada serta dinikmati kapanpun, dan dimanapun, sehingga menjadikan Indomie sebagai produk mie instan yang selalu menemani setiap keadaan dalam hidup masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Selain itu, ditemukan juga Ideologi Konsumerisme dan Ideologi Kesetaraan Kelas dan Ras yang berusaha untuk disusupkan di balik iklan 50 Tahun Indomie ini.