Tata Kamera pada Iklan Stabilize Your Passion : Penggunaan Dynamic Shot dalam Menumbuhkan Ketertarikan Penonton pada Tayangan Skippable Video Ads
Abstract
Salah satu perkembangan teknologi di industri multimedia adalah professional stabilization system. Selain memaksimalkan kualitas produk yang dihasilkan, setiap produsen professional stabilization system dituntut untuk bisa menggambarkan experience penggunaan produk. Tugas akhir ini bercerita tentang pengalaman aktor menggunakan professional stabilization system dalam iklan sebagai sebuah promosi. Youtube adalah situs yang memiliki kemampuan untuk pemasang iklan melakukan customization. Salah satu jenis iklan pada Youtube adalah skippable video ads yang dapat di-skip penonton setelah melihatnya selama 5 detik pertama. Ide penciptaan iklan Stabilize Your Passion ini berawal dari keinginan pengkarya sebagai penata kamera untuk mampu membuat penonton tertarik menonton iklan dengan jenis skippable video ads hingga selesai. Pengkarya dalam tugas akhir ini, menerapkan sinematografi dynamic shot serta dengan penggunaan professional stabilization system agar dapat mengahasilkan gambar yang bergerak dan tidak monoton. Visualisasi dinamis yang digambarkan pada iklan Stabilize Your Passion ini akan mengacu pada perubahan-perubahan yang terjadi dalam proses penceritaan dengan menerapkan dynamic shot dengan teknik handheld, follow-shot, pan-tilt, dan tracking.