dc.contributor.author | ANGGRAINI, Nofita | |
dc.date.accessioned | 2023-03-29T02:30:58Z | |
dc.date.available | 2023-03-29T02:30:58Z | |
dc.date.issued | 2022-11-02 | |
dc.identifier.nim | 150110401059 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113850 | |
dc.description.abstract | Film dokumenter merupakan film berdasarkan pada suatu pengalaman atau
peristiwa dengan perlakuan kreatif namun masih menjunjung fakta yang nyata dan
benar adanya terjadi di masyarakat. Penulis naskah film dokumenter mempunyai
peran membuat ide cerita dan mengembangkannya menjadi sebuah treatment lalu
dapat menjadi sebuah naskah. Pembuatan naskah film dokumenter dimulai dengan
pengumpulan data riset yang dilakukan dengan panduan sesuai konsep film
dokumenter serta terjun langsung ke dalam ruang lingkup yang berkaitan untuk
menunjang data informasi dalam pembuatan treatment, membantu kru yang bertugas
dan sutradara untuk memahami isi naskah dokumenter.
Pengkarya mengangkat cerita tentang dinamika kehidupan manusia dalam
pemaknaan norma dan aturan yang berkembang di masyarakat. Perkembangan
bahasa yang terus berkembang menciptakan peradaban yang signifikan dari masa ke
masa. Tidak hanya membawa dampak positif, dampak negatif juga turut serta dalam
pembentukan lapisan masyarakat. Perkembangan tersebut menyebabkan masalah
sosial dan terus bertambah setiap harinya berbanding lurus dengan perkembangan
bahasa, teknologi juga manusia itu sendiri.
Naskah Film In The Name Of Hand menggunkan dua bentuk bertutur film
dokumenter, yakni penuturan kronologis dan dialektik. Selain itu juga menghadirkan
modus kontradiktif dan kausalitas. Dalam penyususunan plot cerita, pengkarya
menyusunnya menjadi tiga segmentasi dengan disertai teori nikmat-indah AAM
Djelantik pada setiap segmennya, yaitu impresi, sensasi dan persepsi.
Segmen pertama menceritakan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari
lahir hingga tua bahkan meninggal secara runtut. Segmen kedua menceritakan
berbagai peristiwa yang terjadi di masyarakat dalam justifikasi norma agama, asusila,
kesopanan dan hukum. Hadirnya berbagai peristiwa pemakanaan berbagai norma
membuat satu sama lain peristiwa mejadi sebuah kontradiktif. Segmen terakhir
berisikan mengenai sebab-akibat dan ideologi yang ingin disampaikan. Peristiwa
yang dihadirkan berisi perbandingan dua peristiwa yang memiliki subjek atau objek
yang sama namun memiliki pemaknaan norma yang berbeda.
Naskah film dokumenter ini merupakan usaha untuk menunjukkan seberapa
besar dampak manusia pada peradaban. Pengkarya meyakini bahwa setiap orang
dapat menarik kesimpulan diri sendiri ketika dihadapkan pada sebuah fenomena yang
mungkin belum mereka sadari tergantung dengan latar belakang setiap individu.
Treatment yang dibuat harus sesuai dengan fakta dilapangan agar dapat dimengerti
oleh penonton yang menikmatinya. Pengkarya juga berharap naskah ini mampu
memberikan referensi tentang penulisan naskah dokumenter dengan struktur bertutur
kronologis dan dialektik. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Muhammad Zamroni, S.Sn., M.Sn.
Dosen Pembimbing Anggota : Denny Antyo Hartanto, S.Sn., M.Sn | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Budaya | en_US |
dc.subject | PENULISAN NASKAH | en_US |
dc.subject | FILM DOKUMENTER | en_US |
dc.subject | DIALEKTIK | en_US |
dc.title | Penulisan Naskah Film Dokumenter In The Name Of Hand dengan menggunakan Struktur Penuturan Kronologis dan Dialektik | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Progam Studi Televisi dan Film | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Muhammad Zamroni, S.Sn., M.Sn. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Denny Antyo Hartanto, S.Sn., M.Sn. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-10 Januari 2023 | en_US |