| dc.contributor.author | TYAS, Desy Aningrum |  | 
| dc.date.accessioned | 2023-03-28T03:59:01Z |  | 
| dc.date.available | 2023-03-28T03:59:01Z |  | 
| dc.date.issued | 2022-09-21 |  | 
| dc.identifier.nim | 190903102021 | en_US | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113771 |  | 
| dc.description.abstract | Sistem Layanan Tour Guide Pada Geopark Information Center (GIC) di 
Kabupaten Banyuwangi, Fienda Dwi Septian, 190903102021; 2022; Program 
Studi DIII Usaha Perjalanan Wisata, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 
Universitas Jember. 
Sektor pariwisata di Indonesia telah tumbuh dan berkembang sangat 
baik, peristiwa ini dapat dipandang sebagai potensi untuk memakmurkan rakyat 
dan memajukan negara Indonesia. Indonesia memiliki wilayah Geopark dan 
berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu wilayah geopark di Indonesia yaitu
Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso yang telah melakukan 
kolaborasi membentuk kawasan Ijen Geopark dengan fokus topik tentang Danau 
Kawah Gunung Api Terasam dan Pesona Api Biru. Perihal Peraturan Presiden 
Nomor 9 Tahun 2019 tentang pengembangan Taman Bumi atau Geopark dapat 
menjadi perhatian bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, yaitu dalam 
bentuk dibangunnya Geopark Information Center (GIC). Berlokasi di lingkungan 
kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi yang 
difungsikan sebagai tempat promosi dan informasi mengenai Ijen Geopark,
sekaligus menjadi wahana literasi bagi semua lapisan masyarakat. Memiliki dua 
ruang yaitu museum geopark dan mini bioskop dengan difasilitasi petugas tour 
guide yang merupakan pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten 
Banyuwangi bagian bidang Geopark. Keterbatasan jumlah tour guide 
menyebabkan Geopark Information Center (GIC) memanfaatkan tenaga magang
yang tentunya belum berlisensi sebagai tour guide, sehingga layanan yang 
diberikan kurang optimal.
Sistem layanan tour guide di Geopark Information Center (GIC) terdiri 
dari tiga jenis sistem layanan. Pertama, adanya sistem layanan tour guide
berdasarkan metode yang digunakan; ini termasuk sistem layanan tour guide
metode manual dan sistem layanan tour guide metode modern, selanjutnya sistem 
layanan tour guide berdasarkan jumlah pengunjung meliputi; sistem layanan 
pengunjung group tour dan sistem layanan individual tour, terakhir adalah sistem layanan berdasarkan jenjang pendidikan pengunjung meliputi; sistem layanan 
jenjang pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD), Sistem 
layanan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga perguruan 
tinggi, dan sistem layanan pengunjung umum. Dengan menerapkan sistem 
layanan yang serupa dengan yang dijelaskan di atas, diharapkan Geopark 
Information Center (GIC) dapat memberikan layanan terbaik kepada setiap 
pengunjung. Tour guide akan memberikan informasi dengan menggunakan sistem
layanan baik manual maupun modern sekaligus menyesuaikan sistem layanan 
dengan jumlah pengunjung. Dengan cara ini, diharapkan pengunjung akan 
mendapatkan pelayanan terbaik. Selain itu, dengan menyesuaikan berdasarkan 
pendidikan pengunjung, tujuannya adalah agar setiap pengunjung menerima 
informasi yang memenuhi kebutuhan pengetahuan masing-masing dari 
pengunjung yang datang. | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US | 
| dc.subject | Ijen Geopark | en_US | 
| dc.subject | Sistem Layanan Tour Guide | en_US | 
| dc.title | Tour Guide Service System at the Geopark Information Center GIC in Banyuwangi District | en_US | 
| dc.type | Laporan D3 | en_US | 
| dc.identifier.prodi | Usaha Perjalanan Wisata | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing1 | Pramesi Lokaprasidha, S.S., M.Par | en_US | 
| dc.identifier.pembimbing2 | Tri Sulihanto Putra, S.Ikom | en_US | 
| dc.identifier.validator | Arin | en_US | 
| dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 28 Maret 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |