• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Mesin Diesel MDX-170 F Berbahan Bakar Biosolar dan Minyak Nyamplung dengan Variasi Campuran Bahan Bakar

    Thumbnail
    View/Open
    Biodiesel dari Minyak Nyamplung (1.688Mb)
    Date
    2022-08-11
    Author
    EKANANTA, Rizal Yeti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia sebagai Negara berkembang memerlukan pasokan energi yang besar untuk keperluan industry dan transportasi dalam negeri, akan tetapi produksi energi dalam negeri utamanya minyak bumi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dan konsumsi energi nasional. Biodiesel secara umum didefinisikan sebagai ester monoalkil dari minyak tanaman dan lemak hewan. Salah satu jenis tanaman hutan yang mempunyai potensi sebagai bahan baku biofuel adalah biji buah Nyamplung (Calophyllum inopphyllum l.). Berbagai jenis bahan bakar yang dikembangkan sekarang adalah berbentuk cair. Sehingga untuk mengetahui pengaruh minyak biodiesel terhadap perbandingan performa mesin dengan penggunaan bahan bakar pertadex dari pertamina untuk mengetahui kerja mesin diesel satu silinder dengan tipe Matsumoto MDX-170F yang meliputi daya efektif, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik. Komposisi yang digunakan pada pengujian pencampuran biodiesel minyak nyamplung dengan gasoline dan biodiesel B0, B30, B30G20. Pembuatan biodiesel minyak nyamplung diawali dengan melakukan esktraksi minyak biji nyamplung, kemudian dilakukan degumming, esterifikasi, dan transesterifikasi. Untuk uji performa mesin dilakukan dengan persiapan peralatan yang dibutuhkan, kemudian pemasangan perangkat kelistrikan pada sumber arus listrik untuk menghidupkan mesin dan indikator rpm, bahan bakar dimasukkan dalam tangki mesin dan dipastikan bahan bakar telah memenuhi saluran bahan bakar mesin menuju mesin, lalu pemasangan neraca pegas digital untuk mengurangi getaran mesin, tekan tombol starter mesin untuk memanaskan mesin beberapa saat, kemudian tarik tuas gas hingga rpm yang telah ditentukan, ketika rpm mencapai rpm yang ditentukan beban ditambahkan dengan menarik tuas rem, hingga batas maksimal mesin menerima beban catat nilai gaya yang terukur di necara pegas digital, kemudian proses pengambilan nilai gaya pada rpm lain yang ditentukan, matikan mesin dan jaga agar tidak overhead lalu hitung nilai torsi yang didapatkan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113535
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4288]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository