Show simple item record

dc.contributor.authorA'YUN, Qurrotul
dc.date.accessioned2023-03-27T02:42:02Z
dc.date.available2023-03-27T02:42:02Z
dc.date.issued2022
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220101026en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113512
dc.description.abstractPendidikan adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kemajuan pendidikan bangsa itu. Pendidikan tidak lepas dengan adanya kurikulum, kurikulum di Indonesia terus mengalami penyempurnaan. Adanya penyempurnaan kurikulum ini berarti ilmu pengetahuan yang dimiliki Indonesia ini berkembang pesat sehingga perlu adanya penyesuaian dan percepatan dalam mengembangkan pendidikan, utamanya dalam bidang sains dan teknologi. Pendidikan STEM adalah pengembangan terbaru dalam bidang pendidikan dengan cara modifikasi pembelajaran dengan mengintegrasikan berbagai mata pelajaran yang terdiri dari Sains (Biologi, Fisika, Kimia), Teknologi, Enggenering dan Matematika. Salah satu tujuan kurikulum di Indonesia adalah membentuk manusia yang produktif, kreatif, inovatif, serta efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat mewujudkan tujuan dari Kurikulum tersebut adalah Research Based Learning (RBL). Sintaksis pembelajaran berbasis riset dengan pendekatan STEM yang disusun, antara lain: (1) pemberian permasalahan mengenai banjir yang penyelesaiannya berkaitan dengan jaringan syaraf tiruan graf dan pewarnaan sisi pelangi antiajaib (science); (2) merencanakan solusi dalam permasalahan yang diberikan yang berkaitan dengan pewarnaan sisi pelangi antiajaib (engineering); (3) mengumpulkan informasi terkait permasalahan serta hal-hal yang akan menjadi solusi dari permasalahan(technology); (4) membangun teorema mengenai topik pewarnaan sisi pelangi antiajaib dari beberapa graf (mathematics-engineering); (5) membuktikan teorema yang dibangun mengenai topik pewarnaan sisi pelangi antiajaib (mathematics); (6) mempresentasikan hasil yang didapatkan mengenai penyelesaian permasalahan serta teorema yang didapatkan tentang topik pewarnaan sisi pelangi antaiajaib. Penelitian pengembangan pada penelitian ini mengacu terhadap model Thiagarajan (4D) yang meliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate), dimana perangkat yang dihasilkan meliputi Rancangan Tugas Mahasiswa dengan nilai kevalidan 3,5; Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) dengan nilai kevalidan 3,54, soal pre-test, dan soal post-test dengan nilai kevalidan 3,63. Kemudian dilakukan uji coba untuk menilai kepraktisan perangkat, didapatkan nilai 3,89. Selain itu, dilakukan uji coba tes hasil belajar, analisis aktifitas mahasiswa, dan hasil respon mahasiswa untuk menguji keefektifan perangkat. Uji coba tes hasil belajar mendapatkan sejumlah 19 mahasiswa mendapatkan nilai di atas 60, ini berarti 86% mahasiswa tuntas; nalisis aktivitas mahasiswa, diperoleh presentase aktivitas mahasiswa yaitu 95,5% dan termasuk dalam mahasiswa memenuhi kriteria sangat aktif.; dan analisis hasil respon mahasiswa menunjukan item suasana belajar menunjukan respon positif terendah, yaitu 81,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perangkat tergolong dalam perangkat pembelajaran yang efektif. Penelitian ini dimulai dengan memberikan pre test kepada mahasiswa, dilanjutkan dengan pembelajaran menggunakan LKM yang telah dikembangkan, dan diakhiri dengan pemberian soal post test. Hasil penelitian di uji menggunakan uji T dua sampel, didapatkan p-value 0,4057 > 0,05. Karena itu dapat disimpulkan bahwa pada hasil pre test, skor yang didapatkan mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Sedangkan pada hasil post test terdapat perbedaan yang signifikan pada mahasiswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen karena nilai p-value 4,788𝑒 − 09 < 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan perangkat pada kelas eksperimen dapat meningkatkan keterampilan metaliterasi mahasiswa secara signifikan. Setelah diadakan penelitian dan dilihat hasil akhir dari tes, dilakukan wawancara terhadap mahasiswa untuk menyusun potret fase. Potret fase keterampilan metaliterasi mahasiswa yang dihasilkan adalah potret fase mahasiswa dengan tiga level, yaitu level rendah, level sedang, dan level tinggi. Selain itu, penelitian ini menghasilkan luaran berupa monograf dimana monograf adalah buku yang berisi beberapa hal mengenai graf, dimulai dari sejarah munculnya graf, konsep dasar graf, dan contoh graf. Monograf ini juga berisi salah satu topik dalam graf, yaitu pewarnaan sisi pelangi antiajaib. Topik ini dijelaskan dimulai dari definisi, teorema terdahulu yang telah ditemukan, dan teorema yang telah diteliti, meliputi pewarnaan sisi pelangi antiajaib pada graf dutch windmill, graf diamond, graf octopus, dan graf hasil operasi amalgamasi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectRBL-STEMen_US
dc.subjectMETALITERASIen_US
dc.subjectPEWARNAAN SISI PELANGI ANTIAJAIBen_US
dc.subjectJARINGAN SYARAF TIRUAN GRAFen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Rbl-Stem untuk Meningkatkan Metaliterasi Mahasiswa Menganalisis Pewarnaan Sisi Pelangi Antiajaib dalam Menyelesaikan Masalah Banjir Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan Grafen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Prof. Drs. Dafik, M.Sc., Ph.D.en_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record