Metode Pemasangan Lead Rubber Bearing Jembatan sebagai Pengganti Pot Bearing pada Proyek Rekonstruksi Jembatan Ciujung Tangerang Merak
Abstract
Jembatan Ciujung yang terletak pada KM 56+912 pada Jalan Tol Tangerang-Merak
merupakan jembatan yang difungsikan semenjak tahun 1980. Jembatan yang sudah
memasuki usia 40 ini sering dilalui kendaraan berat dan sudah mengalami berbagai
kerusakan. Kondisi tersebut seperti struktur tulangan yang semakin melemah,
muncul keretakan pada lantai jembatan, hingga jalanan yang berlubang sangat
parah rentan terjadi pada jembatan ini. Selain itu, jembatan ini terletak pada
Provinsi Banten yang merupakan wilayah rentan terjadinya gempa.
Adanya penggantian bantalan karet pada jembatan menggunakan LRB ini bertujuan
untuk meningkatkan spesifikasi umum sesuai aturan pada tahun 2016 yang
mengharuskan konstruksi jembatan menggunakan LRB. LRB juga dinilai dapat
meminimalisir dampak guncangan dari gempa sehingga guncangan pada struktur
bawah dapat diminimalisir. Penggunaan LRB juga dinilai lebih ekonomis secara
komperhensif. Tidak hanya itu, penggantian LRB ini juga memiliki tujuan untuk
menseragamkan gerak jembatan lama dan jembatan bari dari Jembatan Ciujung ini.
Penggantian pot bearing lama dengan LRB baru pada Jembatan Ciujung Tol
Tangerang-Merak dilakukan dengan tahapan berurutan setelah pengujian LRB
dilaksanakan. Pelepasan pot bearing dilakukan dengan bantuan Span Jack dan
Temporary Support sebagai andas sementara untuk menopang beban selama
penggantian bearing. Pemasangan LRB dapat dilaksanakan setelah bearing lama
dilepaskan dan dilanjutkan dengan pembuatan pedestal baru sesuai dengan dimensi
LRB. Pemasangan LRB dieratkan pada pedestal menggunakan baut dengan
sambungan block out dan lower dowel. Span jack dapat diturunkan hingga seluruh
beban bertumpu pada LRB yang telah dipasangkan. Pengecekan pekerjaan perlu
dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dan selanjutnya span jack dapat dilepaskan
secara perlahan