Show simple item record

dc.contributor.advisor
dc.contributor.advisor
dc.contributor.authorHANAFIAH, Muhammad Feryansyah
dc.date.accessioned2023-03-20T02:28:40Z
dc.date.available2023-03-20T02:28:40Z
dc.date.issued2022-07-15
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/113079
dc.description.abstractPerkembangan industri pariwisata di Indonesia mengalami penurunan semenjak pandemi covid-19 masuk di Indonesia pada awal tahun 2020. Perkembangan pariwisata semakin memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi dalam suatu daerah yang dapat dijadikan sebuah potensi untuk menarik wisatawan untuk datang berwisata sebagai bentuk dan upaya pengembangan daerah. Sektor pariwisata merupakan salah satu aset yang dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatan pendapatan daerah maupun negara. Geopark Ijen merupakan salah satu wisata Indonesia yag masuk kedalam UNESCO Global Geopark, melalui geopark warisan geologi itu digunakan untuk mendorong kesadaran masyarakat atas isu-isu yang dihadapinya berkaitan dengan dinamika kebumian yang terjadi di sekitar mereka. Karakteristik utama yang diunggulkan dari situs Geopark Ijen adalah keelokan kawasan Kawah Ijen yang mengedepankan tiga komponen pariwisata, yaitu wisata geologi, biologi, dan budaya. Blue fire merupakan salah satu fenomena alam yang ada di wisata Kawah Ijen Banyuwangi yang merupakan danau asam sulfat terbesar di dunia. Destinasi dan fenomena yang dimiliki oleh suatu wisata dapat memunculkan rasa puas bagi wisatawan yang berkunjung. Citra destinasi merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kualitas pengalaman itu sendiri, kualitas pengalaman sama seperti penilaian yang dirasakan tentang keunggulan atau superioritas dari pengalaman wisatawan yang baik berpengaruh terhadap niat kunjung ulang. Keinginan berkunjung kembali ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas pengalaman, citra destinasi wisata maupun kepuasan wisatawan sehingga muncul keinginan untuk berkunjung kembali ke tempat tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Pengalaman, Citra Destinasi, dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Niat kunjung ulang Geopark Ijen Pasca Pengusulan UNESCO Global Geopark. Objek dalam penelitian ini adalah wisatawan Geopark Ijen. Penelitian ini merupakan explanatory research yang bertujuan untuk menguji hubungan keterkaitan antar beberapa variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah wiasatawan yang mengunjungi Geopark Ijen dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 150 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan variabel bebas yaitu Kualitas Pengalaman, Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, dan variabel terikat adalah Niat kunjung ulang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Pengalaman, Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan berpengaruh positif terhadap Niat kunjung ulangen_US
dc.description.sponsorshipDrs. Sudaryanto, MBA,PhD Dr. Ika Barokah Suryaningsih, SE., M.Men_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jemberen_US
dc.subjectCitra Destinasien_US
dc.titlePengaruh Kualitas Pengalaman, Citra Destinasi dan Kepuasan Wisatawan Terhadap Niat Kunjung Ulang Geopark Ijen Pasca Pengusulan Unesco Global Gepoparken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.pembimbing1Sudaryantoen_US
dc.identifier.pembimbing2Ika Barokah Suryaningsihen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi Tanggal 20 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record