dc.contributor.author | PRATIWI, Ratna | |
dc.date.accessioned | 2023-03-15T07:46:07Z | |
dc.date.available | 2023-03-15T07:46:07Z | |
dc.date.issued | 2022-07-19 | |
dc.identifier.nim | 171910301110 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112886 | |
dc.description.abstract | Permasalahan transportasi di beberapa kota besar Indonesia telah mencapai
pada tahap kritis, antara lain masalah kemacetan, tundaan, serta polusi suara dan
udara (Tamin, 2000). Kota berwawasan lingkungan menjadi konsep yang sedang
ramai dicanangkan untuk menyeimbangkan aktivitas pembangunan yang kian pesat
(Artiningsih dkk., 2018). Tren Penggunaan sepeda pada masa pandemik Covid-19
meningkat sebagai dampak diberlakukannya kebijakan Pembatasan Pergerakan
Berskala Besar (PSBB) hingga pengurangan penggunaan transportasi umum
(Rahmawaty, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan
lajur khusus sepeda di kawasan perkotaan Jember dan menganalisis penyediaan
lajur khusus sepeda di kawasan perkotaan Jember berdasarkan kepuasan pesepeda.
Metode BLOS digunakan untuk mengevaluasi lajur khusus sepeda secara
teknis dan analisis persepsi pengguna (pesepeda) terhadap tingkat kepuasan
pesepda terhadap lajur khusus sepeda di kawasan Perkotaan Jember. Perhitungan
BLOS dipengaruhi oleh faktor volume kendaraan bermotor, kecepatan kendaraan
bermotor, kondisi perkerasan jalan, dan geometrik jalan. Uji statistika deskriptif
yang dilakukan antara lain uji validitas, uji reliabilitas, dan perhitungan rata-rata
berbobot.
Hampir seluruh ruas jalan kajian meliputi jalan berperingkat E yang berarti
lingkungan sangat kurang untuk sepeda (tidak dapat diterima oleh pesepeda
berpengalaman dasar) dengan rata-rata akhir sebesar 5,14. Rekomendasi teknis
memberikan peningkatan peringkat BLOS secara signifikan, yaitu hanya sekitar
1%. Analisis persepsi pesepeda dengan perhitungan nilai rata-rata berbobot
diperoleh hasil 2,51 yang berarti baik/efektif (perbandingan dalam skala 4). Maka
berdasarkan persepsi pesepeda menilai lajur sepeda sudah efektif walaupun dengan
kondisi lajur sepeda (BLOS) yang sangat kurang untuk sepeda. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | Evaluasi | en_US |
dc.subject | Lajur Sepeda | en_US |
dc.subject | Efektifitas | en_US |
dc.subject | Kabupaten Jember | en_US |
dc.title | Evaluasi Efektivitas Lajur Khusus Sepeda di Kawasan Perkotaan Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 Teknik Sipil | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Akhmad Hasanuddin, S.T., M.T | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPM | en_US |
dc.identifier.validator | Arin | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi unggah file repository tanggal 15 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyah | en_US |