Show simple item record

dc.contributor.authorPRATIWI, Ratna
dc.date.accessioned2023-03-15T07:46:07Z
dc.date.available2023-03-15T07:46:07Z
dc.date.issued2022-07-19
dc.identifier.nim171910301110en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112886
dc.description.abstractPermasalahan transportasi di beberapa kota besar Indonesia telah mencapai pada tahap kritis, antara lain masalah kemacetan, tundaan, serta polusi suara dan udara (Tamin, 2000). Kota berwawasan lingkungan menjadi konsep yang sedang ramai dicanangkan untuk menyeimbangkan aktivitas pembangunan yang kian pesat (Artiningsih dkk., 2018). Tren Penggunaan sepeda pada masa pandemik Covid-19 meningkat sebagai dampak diberlakukannya kebijakan Pembatasan Pergerakan Berskala Besar (PSBB) hingga pengurangan penggunaan transportasi umum (Rahmawaty, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan lajur khusus sepeda di kawasan perkotaan Jember dan menganalisis penyediaan lajur khusus sepeda di kawasan perkotaan Jember berdasarkan kepuasan pesepeda. Metode BLOS digunakan untuk mengevaluasi lajur khusus sepeda secara teknis dan analisis persepsi pengguna (pesepeda) terhadap tingkat kepuasan pesepda terhadap lajur khusus sepeda di kawasan Perkotaan Jember. Perhitungan BLOS dipengaruhi oleh faktor volume kendaraan bermotor, kecepatan kendaraan bermotor, kondisi perkerasan jalan, dan geometrik jalan. Uji statistika deskriptif yang dilakukan antara lain uji validitas, uji reliabilitas, dan perhitungan rata-rata berbobot. Hampir seluruh ruas jalan kajian meliputi jalan berperingkat E yang berarti lingkungan sangat kurang untuk sepeda (tidak dapat diterima oleh pesepeda berpengalaman dasar) dengan rata-rata akhir sebesar 5,14. Rekomendasi teknis memberikan peningkatan peringkat BLOS secara signifikan, yaitu hanya sekitar 1%. Analisis persepsi pesepeda dengan perhitungan nilai rata-rata berbobot diperoleh hasil 2,51 yang berarti baik/efektif (perbandingan dalam skala 4). Maka berdasarkan persepsi pesepeda menilai lajur sepeda sudah efektif walaupun dengan kondisi lajur sepeda (BLOS) yang sangat kurang untuk sepeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectLajur Sepedaen_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.titleEvaluasi Efektivitas Lajur Khusus Sepeda di Kawasan Perkotaan Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiS1 Teknik Sipilen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Akhmad Hasanuddin, S.T., M.Ten_US
dc.identifier.pembimbing2Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPMen_US
dc.identifier.validatorArinen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi unggah file repository tanggal 15 Maret 2023_M. Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record