Analisis Kondisi Kerusakan Jalan dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) dan Penanganannya Studi Kasus Ruas Jalan Gambor-Srono, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Ruas Jl. Gambor-Srono, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi
merupakan jalur yang menghubungkan dua kecamatan yaitu Kecamatan
Singojuruh dan Kecamatan Songgon. Banyak berbagai jenis kendaraan angkutan
berat melewati ruas jalan tersebut, sehingga menyebabkan ruas ini mengalami
berbagai jenis kerusakan. Pentingnya dilakukan penelitian pada ruas ini karena
jalan Gambor-Srono merupakan jalur paling efektif sebagai akses penghubung
Kecamatan Singojuruh dengan Kecamatan Songgon dan sebagai rekomendasi
dalam menentukan program pemeliharaan jalan yang tepat dan optimal. Metode
yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index
(PCI). Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis rata-rata persentase kerusakan
pada ruas Jl. Gambor-Srono Kec. Srono Kab. Banyuwangi antara lain : Retak
Buaya 51,9%, Retak Memanjang/Melintang 20%, Tambalan 4,4%, Lubang 8,1%,
Kegemukan 8,8%, Amblas 3,8%, Alur 1,9%, dan Sungkur 1,3%. Nilai PCI ratarata pada ruas jalan tersebut yaitu 68,2766% yang termasuk dalam kategori
Sedang (Fair). Dari hasil penilaian PCI maka yang didapat rekomendasi untuk
penanganan kerusakan jalan yaitu menggunakan pemeliharaan rutin dan perbaikan
lapis tambah/overlay yaitu untuk perbaikan pemeliharaan rutin terdapat pada Sta
0+300 s/d 0+400, 1+500 s/d 1+600, 1+800 s/d 1+900, 1+900 s/d 2+000, 2+000
s/d 2+100, dan 2+400 s/d 2+500. Untuk total volume timbunan yang dibututuhkan
untuk timbunan sebesar 22,5 m3 dan untuk volume aspal perekat yang dibutuhkan
sebesar 149,8 liter.. Dan untuk perbaikan lapis tambah/overlay terdapat pada Sta
0+000 s/d 0+300, 0+400 s/d 1+500, 1+700 s/d 1+800, 2+100 s/d 2+400, 2+500
s/d 2+700, dan 2+800 s/d 3+000. Untuk total volume aspal perekat yang
dibututuhkan untuk lapis tambah/overlay sebesar 6050 liter dan untuk volume
aspal AC-WC dibutuhkan sebesar 1113,2 ton.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4083]