• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kondisi Kerusakan Jalan dengan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (Pci) dan Penanganannya Studi Kasus Ruas Jalan Gambor-Srono, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi

    Thumbnail
    View/Open
    doc (2).pdf (4.929Mb)
    Date
    2022-07-14
    Author
    AZIZI, Ilham Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ruas Jl. Gambor-Srono, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi merupakan jalur yang menghubungkan dua kecamatan yaitu Kecamatan Singojuruh dan Kecamatan Songgon. Banyak berbagai jenis kendaraan angkutan berat melewati ruas jalan tersebut, sehingga menyebabkan ruas ini mengalami berbagai jenis kerusakan. Pentingnya dilakukan penelitian pada ruas ini karena jalan Gambor-Srono merupakan jalur paling efektif sebagai akses penghubung Kecamatan Singojuruh dengan Kecamatan Songgon dan sebagai rekomendasi dalam menentukan program pemeliharaan jalan yang tepat dan optimal. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode Pavement Condition Index (PCI). Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis rata-rata persentase kerusakan pada ruas Jl. Gambor-Srono Kec. Srono Kab. Banyuwangi antara lain : Retak Buaya 51,9%, Retak Memanjang/Melintang 20%, Tambalan 4,4%, Lubang 8,1%, Kegemukan 8,8%, Amblas 3,8%, Alur 1,9%, dan Sungkur 1,3%. Nilai PCI ratarata pada ruas jalan tersebut yaitu 68,2766% yang termasuk dalam kategori Sedang (Fair). Dari hasil penilaian PCI maka yang didapat rekomendasi untuk penanganan kerusakan jalan yaitu menggunakan pemeliharaan rutin dan perbaikan lapis tambah/overlay yaitu untuk perbaikan pemeliharaan rutin terdapat pada Sta 0+300 s/d 0+400, 1+500 s/d 1+600, 1+800 s/d 1+900, 1+900 s/d 2+000, 2+000 s/d 2+100, dan 2+400 s/d 2+500. Untuk total volume timbunan yang dibututuhkan untuk timbunan sebesar 22,5 m3 dan untuk volume aspal perekat yang dibutuhkan sebesar 149,8 liter.. Dan untuk perbaikan lapis tambah/overlay terdapat pada Sta 0+000 s/d 0+300, 0+400 s/d 1+500, 1+700 s/d 1+800, 2+100 s/d 2+400, 2+500 s/d 2+700, dan 2+800 s/d 3+000. Untuk total volume aspal perekat yang dibututuhkan untuk lapis tambah/overlay sebesar 6050 liter dan untuk volume aspal AC-WC dibutuhkan sebesar 1113,2 ton.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112821
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4346]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository