Pengaruh Citra Destinasi dan Tourism Experience Terhadap Revisit Intention dan Intention to Recommend Melalui Satisfaction pada Boom Marina Banyuwangi
Abstract
Sektor pariwisata di Indonesia saat ini sedang berkembang sangat pesat. Namun
pada awal tahun 2020, muncul penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV2 dan mewabah di Indonesia. Salah satu kebijakan yang diterapkan untuk mencegah
penularan yaitu diberlakukannya kebijakan social distancing dan physical
distancing bagi masyarakat Indonesia. Diterapkannya kebijakan pembatasan sosial
membuat mobilitas masyarakat menjadi sangat terbatas bahkan tempat wisata juga
ditutup untuk sementara. Kondisi ini membuat industri pada sektor pariwisata
khususnya di Kabupaten Banyuwangi memasuki low season. Menurut data jumlah
pengumjung setelah dibukanya kembali objek wisata Boom Marina pada akhir
tahun 2020 pada masa pendemi setelah penutupan selama tiga bulan terus
mengalami peningkatan pengunjung. Kunci untuk mempertahankan pelanggan
adalah kepuasan konsumen yang didasari pada citra destinasi objek wisata dan
pengalam berwisata pada objek tersebut.
Penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh determinan dari citra
destinasi dan tourism experience terhadap revisit intention dan intention to
recommend melalui satisfaction pada pengunjung setelah mengunjungi objek
wisata Boom Marina Banyuwangi. Objek penelitian ini adalah pengunjung Boom
Marina Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan 105 sampel dengan teknik
accidental sampling. Sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan
sekunde. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang diambil secara
langsung. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Partial
Least Square (PLS).
Hasil pada penelitian ini adalah citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap
revisit intention,citra destinasi berpengaruh tidak signifikan terhadap intention to
recommend, citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap satisfaction, tourism
experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, tourism
experience berpengaruh signifikan terhadap intention to recommend, tourism
experience berpengaruh signifikan terhadap satisfaction, satisfaction berpengaruh
signifikan terhadap revisit intention, satisfaction berpengaruh tidak signifikan
terhadap intention to recommend, citra destinasi berpengaruh tidak signifikan
terhadap revisit intention melalui satisfaction. Citra destinasi berpengaruh tidak
signifikan terhadap intention to recommend melalui satisfaction, tourism
experience berpengaruh tidak signifikan terhadap revisit intention melalui
satisfaction, tourism experience berpengaruh tidak signifikan terhadap intention to
recommend melalui satisfaction.