dc.contributor.author | Haidar | |
dc.date.accessioned | 2023-03-03T02:38:32Z | |
dc.date.available | 2023-03-03T02:38:32Z | |
dc.date.issued | 2022-12-15 | |
dc.identifier.nim | 182410101082 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112509 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 3 Maret 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penggunaan internet dan telepon seluler sudah menyentuh berbagai ruang lingkup,
membantu seluruh aktivitas manusia tidak terkecuali beragama. Berdasarkan data dari Badan
Pusat Statistik hasil pendataan Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) 2020, 53,73
persen penduduk Indonesia sudah mengakses internet di tahun 2020. Dalam Survei Susenas
pada tahun 2017-2019, rasio individu pengguna internet menurut kelompok umur pada
periode 2017 hingga 2019 jumlah terbanyak adalah individu yang berusia 15-24 tahun.
Kelompok umur 15-24 tahun ditandai dengan mereka yang lahir pada batas akhir tahun 1995,
dalam pembagian kelompok umur, orang yang lahir antara tahun 1995 hingga 2010 di
nyatakan sebagai generasi Z.
Muslim Pro merupakan salah satu penerapan dari perkembangan teknologi bagi umat
muslim. Aplikasi Muslim Pro memungkinkan umat muslim untuk menjalankan sebagian
dari kehidupan spiritualnya melalui smartphone sebagai alat yang melekat dalam kehidupan.
Optimalisasi penggunaan Aplikasi akan memberikan kemudahan bagi umat muslim dalam
memperoleh informasi dan pengetahuan Islam secara digital, serta meningkatkan manfaat
dari pembuatan aplikasi tersebut.
Kesuksesan sebuah aplikasi memberikan pengaruh yang besar terhadap loyalitas
pengguna dalam keberlanjutan penggunaannya sehingga sebuah aplikasi yang dikategorikan
sukses perlu untuk mempertahankan kualitas layanan terhadap pengguna untuk
mempertahankan keberlanjutan penggunaan. Kepuasan pengguna dapat diukur
menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction), Dalam model EUCS
memiliki 5 variabel content (konten), accuracy (keakuratan), format (bentuk), ease of use
(kemudahan penggunaan), dan timeliness (ketepatan waktu) dengan 12 instrumen. Pada
model tersebut diimplementasikan terhadap analisis kepuasan pengguna akhir aplikasi
Muslim Pro menggunakan metode EUCS (End User Computing Satisfaction) berdasarkan
prospektif generasi Z di Indonesia.
Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability
sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 350 responden. Model EUCS dengan 5 variabel ini digunakan untuk mengetahui faktorfaktor apa yang mempunyai berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction
yang nantinya akan digunakan sebagai rekomendasi untuk aplikasi Muslim Pro.
Berdasarkan analisis data yang dihasilkan, diperoleh hasil variabel dari EUCS yaitu
content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness berpengaruh positif dan signfikan
terhadap variabel user satisfaction. diharapkan faktor-faktor yang berpengaruh positf dan
signifikan tetap dijaga atau ditingkatkan sehingga tidak ada penurunan kepuasan pengguna
akhir aplikasi Muslim Pro. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang
memiliki pengaruh positif terhadap kesuksesan Aplikasi Muslim Pro berdasarkan perspektif
Generasi Z sehingga dapat memberikan rekomendasi sesuai dengan analisis yang sudah
dilakukan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSI
Dosen Pembimbing Pendamping : Beny Prasetyo, S.Kom., M.Kom | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | Kepuasan Pengguna | en_US |
dc.subject | Aplikasi Muslim Pro | en_US |
dc.subject | EUCS (End User Computing Satisfaction) | en_US |
dc.title | Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Akhir Aplikasi Muslim Pro Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) : Studi Kasus Pengguna Generasi Z | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Beny Prasetyo S.Kom., M.Kom | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-24 Januari 2023 | en_US |