• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Thrust dan Torsi pada Ducted Propeller dengan Variasi Dimensi Kort Nozzle dan Tip Clearance Menggunakan Metode CFD

    Thumbnail
    View/Open
    Digitar Repository UNEJ_181910701010_IMMANUEL TITO SAMOSIR.pdf (3.341Mb)
    Date
    2022-07-29
    Author
    SAMOSIR, Immanuel Tito
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kapal merupakan moda transportasi yang memiliki beberapa sistem penunjang di dalamnya, salah satunya adalah sistem propulsi yang pada umumnya terdiri atas tiga buah komponen utama yaitu motor penggerak, sistem transmisi dan penggerak (propeller). Ducted atau Kort Nozzle Propeller adalah sebuah jenis propeller dimana ditambahkan selongsong (nozzle/duct) berbentuk aerofoil pada penampang melintangnya. Luidi Stipa (1931) dan Ludwig Kort (1934) telah membuktikan bahwa ducted propeller dapat meningkatkan efisiensi propulsi pada propulsi dengan muatan berat (heavly loaded propellers). Pada umumnya, penggunaan kort nozzle propeller masih menggunakan jenis nozzle yang memiliki perbandingan nilai tetap antara panjang dan diameter nozzle. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisa dengan memvariasikan dimensi kort nozzle dan tip clearance pada ducted propeller untuk mengetahui pengaruh gaya dorong (thrust) dan torsi (torque) yang akan dihasilkan ducted propeller tersebut. Model ducted propeller pada penelitian ini akan dibuat menggunakan software CAD (Computer Aided Design) dan akan dianalisa menggunakan metode Computatuional Fluid Dynamic (CFD). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana cara mencari thrust dan torsi pada ducted propeller dengan metode CFD serta mengetahui pengaruh variasi dimensi (angle of attack atau AoA) dan tip clearance terhadap nilai thrust dan torsi pada ducted propeller. Penelitian ini menyatakan bahwa variasi dimensi (angle of attack) dan tip clearance memiliki pengaruh terhadap besaran nilai thrust dan torsi yang dihasilkan model propeller. Pada rentang AoA 0o, 5o dan 10o, pertambahan nilai AoA akan cenderung memperbesar thrust dan torsi. Sementara pada rentang 5 mm, 15 mm, 30 mm, 40 mm dan 50 mm dari nilai tip clearance, bertambahnya nilai tip clearance akan cenderung memperbesar nilai thrust dan torsi yang dihasilkan oleh kort nozzle propeller. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai thrust dan torsi ducted propeller yang paling optimal dihasilkan oleh model Ka-10-30 (AoA = 10o, tip clearance = 30mm).
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/112229
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4204]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository