dc.contributor.author | WIDA, Novica Sinta | |
dc.date.accessioned | 2023-01-16T00:08:12Z | |
dc.date.available | 2023-01-16T00:08:12Z | |
dc.date.issued | 2022-07 | |
dc.identifier.nim | 162410101028 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/111626 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 16 Januari 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Aplikasi Pospay merupakan layanan keuangan online yang dimiliki oleh
PT. Pos Indonesia yang telah ada sejak tahun 2019. Pospay adalah platform digital
yang berbasis rekening Giropos yang dapat diakses secara mobile. Pospay memiliki
beberapa fitur diantaranya Bill Payment, Pengiriman Uang, Pengelolaan Keuangan,
dan QRIS. Pada tahun 2021 pengguna aplikasi Pospay mengalami kenaikan 57%
di Kabupaten Jember. Hasil survey yang dilakukan peneliti kepada pengguna
aplikasi Pospay yaitu, tidak ada notifikasi maupun pop-up pembatalan transaksi
yang sedang berlangsung, tidak terdapat langkah-langkah dalam penggunaan
aplikasi Pospay secara detail, serta simbol atau ikon di setiap menu belum
konsisten. Diperlukan evaluasi terhadap aplikasi Pospay yang dapat mengetahui
tingkat keparahan masalah dalam aplikasi Pospay berdasarkan interface dan
experience pengguna.
Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation dengan
menggunakan 10 prinsrip Heuristic serta 1 prinsip tambahan yaitu Privacy menurut
Muller. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi perbaikan saran untuk aplikasi
Pospay. Tahap pertama pada penelitian ini ialah penyusunan instrumen yang
kemudian dijadikan butir-butir pertanyaan kuesioner serta dilanjutkan uji instrumen
memakai uji validitas serta uji reliabilitas. Pengambilan data dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner kepada 332 pengguna aplikasi Pospay Kabupaten Jember.
Kuesioner yang telah disebarkan, kemudian diolah sehingga menghasilkan nilai
severity rating di setiap variabel Heuristic. Hasil dari evaluasi yang telah dilakukan
ditemukan 27 permasalahan dari 32 pertanyaan kuesioner. Nilai severity ratings 3
(Major Usability Problem) terdapat 2 item di variabel Visibility of System Status
dan Help and Documentation. Nilai severity ratings 2 (Minor Usability Problem). terdapat 2 item di variabel Error Prevention dan Help and Documentation. Nilai
severity ratings 1 (Cosmetic Problem) terdapat 23 item di variabel Match Between
System and The Real World, User Control and Freedom, Consistency and
Standards, Recognition Rather Than Recall, dan Flexibility and Efficiency of Use.
Nilai severity ratings 0 (Don’t Agree) terdapat 5 item di variabel Visibility of System
Status, User Control and Freedom, Help and Documentation, dan Privacy. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Sistem Informasi dan Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | USER INTERFACE | en_US |
dc.subject | EVALUASI APLIKASI | en_US |
dc.subject | APLIKASI POSPAY | en_US |
dc.subject | METODE HEURISTIC EVALUATION | en_US |
dc.title | Evaluasi User Interface & User Experience pada Aplikasi Pospay Menggunakan Metode Heuristic Evaluation | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Oktalia Juwita, S.Kom., M.MT. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Gayatri Dwi Santika, S.SI., M.Kom | en_US |
dc.identifier.validator | Ighfirlina | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |