Analisis Indeks Prestasi Selama Belajar Online pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Prestasi Akademik adalah hasil yang telah dicapai dari kegiatan selama kuliah dan bersifat kognitif atau nilai yang biasanya dijadikan sebagai pengukuran atau penilaian. Pengukuran pada kampus umumnya berdasarkan angka dari hasil belajar selama satu semester dari beberapa mata kuliah yang telah ditempuh atau biasanya disebut dengan Indeks Prestasi. Pada masa pandemi Covid 19 pembelajaran dilakukan secara online berdasarkan kebijakan pemerintah, untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa selama pembelajaran online pada masa pandemi Covid 19 dilakukan analisis terhadap Indeks Prestasi Kumulatif pada saat pembelajaran online yang dikaitkan dengan profil dan perekonomian mahasiswa Universitas Jember.
Dari penelitian yang dilakukan, hasil menunjukkan bahwa selama pembelajaran online pada masa pandemi tidak mempengaruhi Indeks prestasi Kumulatif pada mahasiswa. Berdasasrkan hasil penelitian, 98,4% Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa secara keseluruhan selama pembelajaran online atau pandemi di angka ≥ 3,00. Namun disisi lain pembelajaran online pada awal pandemi dan pertengahan pandemi menyebabkan mahasiswa yang Non Aktif meningkat, karena perekonomian mahasiswa yang Non Aktif merupakan yang terdampak selama awal dan pertengahan pandemi dibuktikan oleh data Pekerjaan Orang Tua (Ayah, Ibu dan Wali) dan Status Beasiswa, bahwa terbanyak Pekerjaan Orang Tua yaitu No Data dan Tidak Bekerja, Sedangkan, status beasiswa pada mahasiswa non aktif terbanyak pada mahasiswa Non Aktif dengan Status Beasiswa Tidak Ada.