• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Interaksi Komunikatif dalam Aktivitas Pelayanan antara CSRS dan Pelanggan Indihome di Plasa Telkom Jember: Suatu Tinjauan Etnografi Komunikasi

    Thumbnail
    View/Open
    Pola komunikasi pelayanan publik di Plasa Telkom Jember antara CSRS dan Pelanggan Indihome (2.536Mb)
    Date
    2022-07-18
    Author
    FATMASARI, Yuliana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Interaksi komunikatif yang terjadi antara CSRS dan pelanggan menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti, hal itu dikarenakan adanya pola-pola dan sebuah manajemen emosi yang dilakukan oleh petugas CSRS untuk menghadapi pelanggan yang memiliki macam atau variasi budaya, karakter, dan emosi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tinjauan etnografi komunikasi. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana komunikasi dan bahasa digunakan dalam praktek budaya pelayanan publik pada: (1) pola interaksi komunikatif antara Customer Service Representative Solution dengan pelanggan modifikasi paket Indihome, (2) pola interaksi komunikatif antara Customer Service Representative Solution dengan pelanggan keluhan atau protes atas layanan dan paket Indihome, dan (3) pola interaksi komunikatif antara Customer Service Representative Solution dengan pelanggan petunjuk atau bantuan permasalahan pelayanan dan paket Indihome. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan pemanfaatan dokumen yang dianalisis menggunakan pendekatan emik dengan metode analisis oleh James P Spradley yang membagi teknik analisis berupa analisis domain, analisis taksonomik, analisis komponensial, dan analisis tema budaya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya relasi antara pola komunikasi dalam pelayanan oleh CSRS dengan COC atau SOP yang diberlakukan oleh Plasa Telkom Jember. Pola yang terbentuk dalam aktivitas pelayanan ini berupa pola komunikasi dialogis yang bersifat direktif. Tema budaya yang melandasi adanya interaksi komunikatif pada aktivitas pelayanan tersebut empatif, keterbukaan, percaya, tanggungjawab, ramah, dan solutif. Kata kunci: interaksi komunikatif, CSRS dan pelanggan, pola komunikasi dan COC atau SOP, tema budaya, aktivitas pelayanan publik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110034
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository