Analisis Pelayanan Pelanggan pada UMKM D'zeera Kota Cilacap Jawa Tengah
Abstract
Bagi sebuah perusahaan besar, sedang, kecil atau virtual yang berorientasi kepada
keuntungan, pastilah selalu memiliki tujuan utama yaitu untuk mendapatkan keuntungan
sebesar-besarnya. Untuk memperoleh keuntungan dan mencapai tujuan tersebut sebuah
perusahaan haruslah memiliki kegiatan administrasi seperti mencatat, mengelola,dan
menghimpun berbagi informasi yang dibutuhkan untuk keberlangsungan perusahaan
tersebut. Kegiatan – kegiatan administrasi yang dilakukan dalam sebuah perusahan besar
maupun perusahaan kecil memiliki kesesuaian dengan kopetensi dan ilmu yang didapat
selama menempuh mata kuliah kesekretariatan pada prodi D3 Kesekretaritan terkusus
dalam ilmu pelayanan publik dan administrasi sesuai dengan judul yang penulis bahas.
Dalam sebuah perusahaan pada setiap bidang maupun sektornya akan memiliki
sebuah kegiatan administrasi yang dibutuhkan oleh orang lain untuk melaksanakan
tugasnya masing-masing. Pada kenyataannya, administrasi bisa diumpamakan sebagai
aliran informasi dalam suatu perusahaan, baik tersaji dalam sebuah data atau dokumen.
Menurut Ali (2007: 148) dalam pengertian sempit administrasi dapat diartikan sebagai
pekerjaan yang berhubungan dengan ketatausahaan ( clerical work ) seperti misalnya
segala sesuatu yang berhubungan dengan catat-mencatat, surat menyurat, penataan,
kearsipan, pengisian atau pengerjaan berbagai jenis formulir.
Pelayanan pelanggan merupakan usaha yang berpusat pada kegiatan melayani
pelanggan baik menghimpun dan mengelola informasi yang akan dibutuhkan. Ini berarti
bahwa tidak ada aktivitas dalam perusahaan tanpa adanya kegiatan administrasi. Namun
tidak serupa dengan jenis kegiatan administrasi lainya, kegiatan administrasi dalam
pelayanan pelanggan memiliki ciri-ciri tertentu, diakibatkan karena fungsi dan sifat
perusahaan itu berada dan berlangsung, dalam hal ini kebutuhan pelayanan administrasi
konsumen yang menjadi fokus utamanya. Ciri utama dalam administrasi dari pelayanan
pelanggan iyalah pada pelayanan konsumen seperti membuat dan mengelolah data yang
nantinya informasi tersebut akan dibutuhkan oleh para konsumen. Pelayanan administrasi
bagi pelanggan mempunyai bagian yang begitu penting dalam sebuah lembaga atau perusahaan, terutama apabila perusahaan tersebut sering berinteraksi dengan para
konsumen. Pelayanan pelanggan merupakan sebuah kegiatan yang umumnya dilakukan
untuk menciptakan serta mengembangkan dan mempertahankan sikap saling mengerti
antara suatu lembaga atau perusahaan dengan para konsumenya. Hal itu diakibatkan
karena kegiatan pelayanan merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah lebaga
atau perusahaan. Pelayann pelanggan juga bertanggung jawab untuk membentuk citra
perusahaan dimata publik, semakin baik pelayanan pelanggan maka akan semakin bagus
juga citra peusahaan dimata konsumen.. Fungsi dari kegiatan administrasi pelayanan
pelanggan itu sendiri adalah agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara maksimal yaitu
perluasan informasi perusahaan yang dibutuhkan oleh para konsumen.
UMKM D’Zeera adalah salah satu Usaha Mikro, Kecil dan, Menengah yang berdiri
dan berkembang di kabupaten Cilacap Jawa Tenga. UMKM tersebut bergerak dibidang
fashion kusunya pada pakaian muslim. Dalam hal tersebut UMKM D’Zeera telah
mengeluaran produk dan memiliki merek sendiri, yang mana merek tersebut sudah
berkembang luas di Indonesia.
Berdasarkan latar belakang tersebut yang bertitik tolak dari pentingnya kegiatan
administrasi pelayanan pelanggan, maka penulis tertarik untuk memilih judul
"ADMINISTRASI PELAYANAN PELANGGAN PADA UMKM D'ZEERA KOTA
CILACAP JAWA TENGAH" untuk program latihan kerja mahasiswa dalam
memperoleh ketrampilan, dan menerapkan teori-teori yang telah diperoleh khususnya
yang berhubungan dengan program studi D III Kesekretariatan.