• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perbedaan Media E-learning Berbasis Edmodo dengan Schoology dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah

    Thumbnail
    View/Open
    Suliningsih - 190220303001.pdf (5.881Mb)
    Date
    2018-07-28
    Author
    SULININGSIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pentingya penggunaan teknologi pada bidang pendidikan ditunjukkan dengan adanya tuntutan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik pada abad 21 yaitu kemampuan peserta didik dalam memanfaatkan media informasi secara efektif dan mengintegrasikan teknologi proses pembelajaran. Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media e-learning berbasis edmodo berpengaruh terhadap motivasi peserta pendidik untuk lebih tertarik terhadap pembelajaran sehingga prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis belajar meningkat. Penelitian lain menunjukkan menunjukkan bahwa media e-learning berbasis schoology dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis sehingga peserta didik mampu mengembangkan potensinya untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kedua media tersebut mempunyai persamaan yang dapat digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan yang dapat meningkatnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Maka perlu peneliti melakukan penelitian lebih lanjut mengenai perbedaan kedua media pembelajaran tersebut terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran sejarah?; (2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis Edmodo dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis schoology pada mata pelajaran sejarah? Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan model Pretest-posttest, Nonequivalent Multiple- Group Design. Sampel yang digunakan berjumlah 60 peserta didik yaitu kelas X TKR 1 dan kelas X TBG 1 di SMK Negeri 1 Tegalsari. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, teknik tes dan tes performance . Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Hasil uji uji-t (independent sample t test). diperoleh taraf signifikansi sebesar 0.001 (0.001 < 0.05) lebih kecil dari 0.05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis edmodo dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology; (2) Hasil uji uji-t (independent sample t-test). pada hasil belajar diperoleh signifikansi sebesar 0.001 ( 0.001 < 0.05) lebih kecil dari 0.05, maka menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis edmodo dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology. Besarnya perbedaan rerata posttest kemampuan berpikir kritis yang diperoleh sebesar 4.233 dan hasil belajar sebesar 6.500 dan uji efektvitas kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa media e-learning berbasis Edmodo memiliki efektivitas lebih tinggi dari pada media e-learning berbasis schoology hasil nilai efektifitas sebesar 25%, dan hasil belajar sebesar 32%. Kesimpulan hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis edmodo dan peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology. Kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media edmodo memiliki nilai yang lebih tinggi dari peserta didik yang dibelajarkan menggunakan media e-learning berbasis schoology. Rekomendasi dari penelitian ini diharapkan pendidik dapat memanfaatkan media e-learning berbasis edmodo agar peserta didik dapat termotivasi dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109656
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository