Mise En Scene Iklan Rinso Episode Yuk Mulai Bijak Plastik Tahun 2019 dalam Mendukung Kepribadian Tokoh Cucu
Abstract
Iklan Rinso Yuk Mulai Bijak Plastik merupakan iklan dari produk Rinso yang memiliki tujuan untuk mengurangi sampah serta mengingatkan masyarakat mengenai dampak adanya sampah di laut, dirilis pada tanggal 13 Agustus tahun 2019, berdurasi 32 detik, memiliki 2 tokoh yaitu nenek & cucu serta memiliki 2 scene dalam 1 sequence. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui kepribadian tokoh cucu yang meliputi id, ego dan super ego dan peranan unsur mise en scene dalam mendukung kepribadian tokoh cucu. Kerangka teori yang digunakan dalam mengkaji iklan televisi produk Rinso episode Yuk Mulai Bijak Plastik ditinjau dari unsur kepribadian dan aspek mise en scene, kedua teori tersebut bertujuan untuk mengetahui tentang dorongan-dorongan dari id, ego, dan super ego pada tokoh cucu. Metode penelitian kualitatif deskriptif merupakan metode yang digunakan oleh peneliti dalam menganalisis adanya keterkaitan unsur-unsur naratif, mise en scene dan psikologi kepribadian yang terjadi pada tokoh cucu dalam iklan televisi produk Rinso episode Yuk Mulai Bijak Plastik. Hasil penelitian pada iklan Rinso episode Yuk Mulai Bijak Plastik yang berfokus pada kepribadian tokoh cucu yang meliputi id, ego dan super ego ditinjau dari aspek psikologi keribadian dan aspek mise en scene terlihat bentuk respon id pada tokoh cucu berupa refleks, refleks yang dimaksud adanya rasa kebingungan sehingga berdampak pada emosi. Bentuk emosi id terlihat tokoh cucu memanyukan bibir bagian bawah, hal tersebut merupakan ekspresi yang dihasilkan oleh alam bawah sadar tokoh cucu.