Rancang Bangun Dynamometer Sebagai Alat Ukur Efisiensi Daya dan Karakteristik Kinerja Pada Motor Brushless DC
Abstract
Pada masa sekarang teknologi otomotif mengalami perkembangan yang sangat pesat. Khususnya pada kendaraan konvensional berbahan bakar minyak yang dapat memudahkan manusia untuk melakukan mobilitas. Akan tetapi perkembangan teknologi tersebut masih memiliki dampak negatif bagi lingkungan, salah satunya adalah emisi yang dihasilkan oleh kendaraan berbahan bakar minyak, selain itu kendaraan tersebut masih bergantung terhadap ketersediaan minyak fosil yang merupakan sumber daya alam terbatas. Hal itu membuat manusia terdorong untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi agar dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, salah satunya adalah penggunaan kendaraan listrik yang dapat dijadikan sebagai solusi untuk permasalahan tersebut.
Dalam penggunaan kendaraan listrik dibutuhkan komponen utama yaitu motor listrik sebagai kompoenen penggerak suatu kendaraan. Pemilihan motor listrik yang sesuai digunakan pada kendaraan listrik perlu memperhatikan beberapa aspek. diantaranya adalah kemudahan kontrol, jangkauan kecepatan yang tinggi, torsi yang sesuai dengan kebutuhan, daya yang cukup, serta efisiensi yang tinggi. Terdapat beberapa metode untuk mengetahui karakteristik suatu motor penggerak, salah satunya adalah menggunakan alat ukur Dynamometer. Dynamometer adalah suatu alat untuk mengukur daya dari suatu mesin, motor atau penggerak berputar lainnya. Dynamometer digunakan untuk mengukur daya, torsi, kecepatan dan efisiensi motor penggerak yang ditransmisikan oleh poros berputar. Terdapat beberapa jenis Dynamometer, salah satunya yaitu fly wheel dynamometer. Fly wheel dynamometer merupakan dynamometer yang menggunakan roller sebagai penyerap daya dari suatu motor penggerak.
Penelitian dalam proposal ini berfokus untuk mengetahui karakteristik dari motor BLDC yang digunakan oleh tim riset mobil listrik universitas jember pada mobil urban concept. Objek yang diteliti adalah motor BLDC 250 watt dan 350 Watt dimana pengujian menggunakan dynamometer test dengan pembebanan friksi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah nilai dari karakteristik suatu motor BLDC yaitu berupa nilai kecepatan, percepatan, torsi, daya mekanik dan daya elektrik serta hasil akhir dari perhitungan yaitu berupa nilai efisiensi daya suatu motor BLDC yang didapatkan dari perbandingan nilai daya mekanik (daya keluaran) yang dihasilkan dengan nilai daya elektrik (daya masukan) yang terpakai untuk menggerakkan motor BLDC. Diharapkan pemanfaatan dari penelitian ini tidak hanya berhenti untuk pengaplikasian kendaraan listrik saja tetapi juga untuk keperluan industri yang memerlukan mesin listrik secara umum.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4185]