• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Desain Chassis Mobil Urban TITEN EV-2 pada Pembebanan Dinamis Saat Dilakukan Pengereman

    Thumbnail
    View/Open
    MUHAMM~1.PDF (6.389Mb)
    Date
    2022-07-26
    Author
    GUHARDIPUTRA, Muhammad Alwi Kurniawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam kondisi perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi kendaraan urban consept harus memenuhi peraturan khusus yang telah ditetapkan, yaitu ‘stop & go driving’. oleh karena itu mobil yang dirancang haruslah memiliki ketangguhan untuk melakukan akselerasi mampu deselerasi dengan aman. Chassis merupakan bagian fundamental dari kendaraan yang berfungsi untuk menopang keseluruhan beban yang bekerja pada mobil, menjaga agar kondisi mobil tetap rigid tidak mengalami deformasi yang berlebih dan aman ketika digunakan. Untuk itu perencanaan desain chassis harus diperhatiakan. Pemilihan material yang kuat namun tetap ringan dilakukan, dengan menggunakan material alumunium 6061. Pada penelitian ini akan dilakukan analisa mengenai desain chassis mobil urban TITEN EV-2 pada pembebanan dinamis saat dilakukan pengereman dengan variasi bentuk profil chassis yaitu profil berbentuk square dan rectangular hollow serta jarak pengereman yang divariasikan mulai dari 20 m, 15 m, 10 m. Dengan menggunakan Metode Elemen Hingga (MEH) analisis kekuatan dari desain struktur chassis dapat diketahui dengan melihat tegangan maksimum dan deformasi total yang bekerja pada chassis. Dari hasil simulasi diperoleh profil chassis Rectangular hollow memiliki massa sebesar 7,6 kg lebih ringan dibandingkan dengan chassis square hollow yang memiliki massa 9,4 kg. Chassis rectangular hollow memiliki tegangan maksimum lebih unggul dibandingkan chassis square hollow pada pembebanan jarak pengereman 20 m dan 15 m namun pada jarak pengereman 10 m chassis square hollow lebih unggul dari segi total deformasi dan tegangan maksimumnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109139
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4325]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository