• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Tata Kamera pada Film Buk Ri : Membangun Sudut Pandang Penonton Melalui Pencahayaan Low key

    Thumbnail
    View/Open
    Mohammad Ahsani Taqwim Mas'ud - 150110401027.pdf (11.55Mb)
    Date
    2021-01-28
    Author
    MAS’UD, Mohammad Ahsani Taqwim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sebuah karya seni film dapat muncul dari berbagai latar belakang dan pemikiran. Film bisa terinspirasi dari pengalaman pribadi atau melihat sekitar melalui sosialiasi dengan orang lain. Pengkarya membuat film ini sebagai bentuk medium informasi yang telah dicapai pengkarya melalui riset dan bermasyarakat karena tertarik mengangkat fenomena empiris. Isu yang diangkat adalah isu lokal terhadap fenomena prostitusi, banyak persoalan dari berbagai kalangan dan dari berbagai permasalahan dalam latar belakang keluarga. Fenomena seperti ini dikategorikan sebagai kehidupan marjinal. Salah satu faktor prostitusi ini bertahan karena ada hubungan antar keluarga dan bertahan hidup. Fakta yang terjadi dilapangan menjadi fokus utama pengkarya dalam menggambarkan kehidupan prostitusi dari sudut pandang kepala keluarga, gelapnya dunia prostitusi diasosiasikan melalui pencahayaan low key, membuat pengkarya mengambil peminatan penata kamera dalam tugas akhir film pendek fiksi yang berjudul Buk Ri. Film Buk Ri secara garis besar dalam peminatan pengkarya menceritakan sisi gelap dalam kehidupan marjinal. Film Buk Ri berdurasi 24 menit dengan genre drama, serta menggunakan bahasa lokal Jember. film Buk Ri adalah untuk memvisualkan cerita masa lalu prostitusi keluarga melalui dilemanya seorang kepala keluarga dengan setting pinggiran kota. Pengkarya juga menyampaikan definisi pencahayaan low key sebagai filosofi kehidupan marjinal kepada penonton yang dibangun untuk memperkuat rangkaian peristiwa yang terjadi. Proses penciptaan karya film fiksi dilalui dengan 3 tahap, yaitu praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Pengkarya sudah mulai menerapkan pencahayaan low key dalam tahap produksi dan pasca produksi untuk mendukung kuatnya cerita dengan membangun misteri apa yang akan terjadi.Pencahayaan low key adalah pencahayaan yang membentuk cahaya kontras pada bagian objek yang lebih dominan dan pencahayaan cenderung memberikan batasan tegas antara area gelap dan terang. Pencahayaan tersebut memvisualkan penceritaan untuk menambah kesan misteri dalam konflik. Selain itu juga untuk mendukung unsur naratif, menggambarkan situasi yang terjadi dan menambah kesan dramatis pada film. Pengkarya juga menerapkan teknik pengukung yaitu pergerakan kamera handheld, follow shot, pan-tilt, tracking, komposisi dan aspek rasio. Tujuan pengkarya membuat film pendek fiksi berjudul Buk Ri adalah untuk memvisualkan cerita, konflik dan fakta negatif kelompok marjinal. Selain untuk tontonan, bagi pengkarya juga berharap bisa jadi renungan melalui pesan sosial yang didapat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109061
    Collections
    • UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) [2291]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository