dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model Thiagarajan (4-D) yang meliputi empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Proses dari keempat tahap tersebut menghasilkan media pembelajaran GeoGebra yang bersifat interaktif, sehingga siswa dapat mengeksplor latihan soal terkait materi pertidaksamaan secara mandiri. Subjek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas X IPA 2 SMAN Arjasa Jember. Hasil dari pengembangan ini adalah media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra yang valid dengan tingkat kevalidan sangat tinggi, memenuhi kriteria praktis sangat baik berdasarkan perolehan skor pada angket respon siswa, dan terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa berdasarkan perolehan N-Gain dari rata-rata pretest dan posttest. Media pembelajaran interaktif berbantuan GeoGebra mendapat respon positif dari siswa sebagai media yang menarik dan tidak membosankan, sehingga layak digunakan sebagai media pendukung siswa untuk memahami materi selama kegiatan pembelajaran. | en_US |