Show simple item record

dc.contributor.authorKurniawan Erman Wicaksono
dc.date.accessioned2013-12-20T00:51:16Z
dc.date.available2013-12-20T00:51:16Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM072310101032
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10815
dc.description.abstractAnak usia prasekolah adalah anak yang dalam usianya menjalani kehidupan dengan tiga masa yaitu masa bahagia, masa belajar dan masa bermain atau disebut juga dengan time for play. Anak usia prasekolah ada yang menjalani sekolah dan ada juga yang tidak menjalani sekolah. Jenis sekolah yang dijalani oleh anak usia prasekolah salah satunya adalah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). PAUD adalah salah satu jenis pendidikan anak usia dini yang membantu pertumbuhan dan perkembangan anak melalui pemberian rangsangan pendidikan. Perkembangan personal sosial adalah salah satu parameter perkembangan anak yang di dalamnya terdapat aspek yang saling berhubungan yaitu self-help general, self-help eating, self-help dressing, self direction, occupation, communication, locomotion dan socialization. Kondisi perkembangan personal sosial pada masing-masing anak usia prasekolah berbeda. Hal tersebut tergantung pada stimulus yang mempengaruhi perkembangan personal sosial anak usia prasekolah. Stimulus yang banyak diterima adalah dari lingkungan keluarga (terutama orangtua), lingkungan sekitar dan lingkungan sekolah anak. Hasil studi pendahuluan pada tiga orang anak dengan dua anak tidak menjalani PAUD yang menunjukkan bahwa mereka lebih mampu dalam melaksanakan tugas perkembangan personal sosial dengan mandiri daripada anak yang menjalani PAUD yang belum bisa mandiri. x Tujuan umum penelitian ini adalah mengetahui perbedaan perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Sedangkan tujuan khususnya adalah mengidentifikasi tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD, mengidentifikasi tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang tidak menjalani PAUD dan menganalisis perbedaan tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh anak usia prasekolah (usia 3 sampai 5 tahun) yang berada di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember yang berjumlah 102 anak. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan meggunakan purposive sampling. Total sampel yang digunakan sebanyak 26 anak usia prasekolah dengan 13 anak menjalani PAUD dan 13 anak tidak menjalani PAUD. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan nilai Odd Ratio 2,857 yang artinya anak yang menjalani PAUD mempunyai peluang 2,86 kali untuk memiliki tingkat perkembangan personal sosial baik dibandingkan anak yang tidak menjalani PAUD. Pada hasil diperoleh nilai p value sebesar 0,411 (0,411 > 0,05), maka Ho diterim/Ho gagal ditolak. Dengan demikian tidak ada perbedaan tingkat perkembangan personal sosial pada anak usia prasekolah yang menjalani PAUD dan tidak menjalani PAUD di Dusun Krajan II Grenden Puger Kabupaten Jember. Tidak adanya perbedaan menunjukkan terdapat faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap perkembangan personal sosial, yaitu stimulasi orangtua. Sehingga diharapkan orangtua lebih memperhatikan perkembangan anaknya terutama perkembangan personal sosialnya dengan memberikan stimulasi yang adekuat, berjenjang dan berkesinambungan. Sehingga perkembangan personal sosial anak dapat optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries072310101032;
dc.subjectPERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL, ANAK USIA PRASEKOLAHen_US
dc.titlePERBEDAAN TINGKAT PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MENJALANI PAUD DAN TIDAK MENJALANI PAUD DI DUSUN KRAJAN II GRENDEN PUGER KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record