Administrasi Pendistribusian Surat Korporat Pada PT Pos Indonesia Jember
Abstract
Kesimpulan yang dapat diambil dalam hubungan antara judul dan tujuan dalam
pelaksanaan Praktek Kerja Nyata adalah sebagai berikut :
a. PT Pos Indonesia Jember adalah salah satu fasilitas umum yang berstatus
BUMN yang mana merupakan Badan Usaha Milik Negara. Salah satu dari
layanan jasa pos di PT Pos Indonesia Jember yang sering digunakan oleh
perusahaan adalah Layanan Pengiriman Surat Korporat. Pengiriman Surat
Korporat merupakan layanan jasa pos untuk mengirim surat maupun
dokumen dalam area regional maupun nasional. PT Pos Indonesia telah
memberikan berbagai fasilitas kemudahan bagi masyarakat sesuai dengan
kemajuan teknologi salah satunya dilakukan secara online.
b. Dalam penanganan surat korporat dibutuhkan Administrasi Jasa Pos Surat
Korporat yang baik agar dalam penanganan dan pelayanannya dapat
berjalan secara maksimal. Pada tiap tahapan pelaksanaan administrasi surat
korporat diawali dengan proses, yaitu :
1) Collecting
2) Processing
3) Transporting
4) Delivering
5) Reporting
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses administrasi surat korporat
adalah sebagai berikut :
1) Dalam proses entry surat harus dilakukan dengan teliti.
2) Resi putih langsung ditempel pada surat dan resi kuning disimpan
dengan baik.
3) Dalam proses scan barcode jangan sampai ada surat yang terlewat.
4) Saat menyerahkan surat kebagian puri kirim, harus disertai dengan bukti
serah kiriman pos