Show simple item record

dc.contributor.authorPUSPITASARI, Anggarini Dian
dc.date.accessioned2022-06-28T02:12:39Z
dc.date.available2022-06-28T02:12:39Z
dc.date.issued2021-05-07
dc.date.submitted
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107938
dc.description.abstractDunia pendidikan saat ini sedang menghadapi tantangan revolusi industri 4.0, dimana menuntut peserta didik untuk memiliki keterampilan abad 21 yakni keterampilan berpikir kritis, kreatif, inovatif serta komunikatif. Sejalan dengan hal tersebut, pendidikan di Indonesia bertujuan tidak hanya untuk mempersiapkan keterampilan abad 21 saja, tetapi juga untuk mempersiapkan peserta didik menjadi pribadi dan warga negara beriman. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah melalui penggunaan model SPRIDER dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran SPRIDER yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan produk model pembelajaran SPRIDER yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan (1974) yang terdiri dari tahap 1) define, 2) design, 3) develope, 4) disseminate. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Dringu, SMP Negeri Tegalsiwalan 1, SMP Al-Baitul Amin dan SMP Negeri 3 Situbondo. Model pembelajaran Stimulation, Problem orientation, Reading, Investigation, Discussion, Evaluation, Religious Integration (SPRIDER) merupakan model pembelajaran yang memadukan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan pendekatan STEM terintegrasi aspek religi. Model pembelajaran SPRIDER bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA SMP. Sintakmatik model pembelajaran SPRIDER terdiri dari 6 langkah, langkah pertama yakni stimulation, peserta didik mengamati tayangan atau gambar yang behubungan dengan materi disertai dengan ayat-ayat dalam kitab suci atau hadist dengan harapan agar peserta didik termotivasi untuk mempelajari materi, langkah kedua adalah problem orientation, peserta didik dihadapkan pada permasalahan yang harus dipecahkan secara berkelompok. Langkah ketiga reading, peserta didik membaca materi dari berbagai sumber yang relevan untuk mempersiapkan investigasi. Langkah keempat investigation, peserta didik melaksanakan penyelidikan untuk mengembangkan solusi dari permasalahan dan mengumpulkan data dengan menggunakan pendekatan STEM. Langkah kelima adalah discussion, peserta didik berdiskusi dengan anggota kelompok untuk menganalisis pemecahan masalah dan tahap keenam adalah evaluation, peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam diskusi kelas serta menyusun kesimpulan dihubungkan dengan kebesaran Tuhan. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran SPRIDER meliputi hasil validasi, hasil kepraktisan dan hasil keefektifan. Hasil validasi buku panduan model pembelajaran SPRIDER sebesar 95,18% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi silabus sebesar 95,83% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi RPP sebesar 96,51% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi soal pre-test dan post-test sebesar 97,50% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi instrumen keterampilan berpikir kritis sebesar 91,67% termasuk dalam kategori sangat valid. Didapatkan rerata hasil validasi produk keseluruhan oleh ahli dan pengguna sebesar 95,75% dengan kategori sangat valid, sehingga model pembelajaran SPRIDER layak digunakan sebagai alternatif model pembelajaran IPA di kelas.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Suratno, M.Si ; Dosen Pembimbing Dr. Yushardi, S.Si, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectSprideren_US
dc.subjectMeningkatkan Keterampilanen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Sprider Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Smpen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record