• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penggunaan Bahan Bakar Etanol dan Pertalite Serta Pemanasan Udara Masuk Terhadap Unjuk Kerja Motor Bakar Beat ESP

    Thumbnail
    View/Open
    Akbar Anugrah Ikhsani - 181920101008.pdf (5.503Mb)
    Date
    2021-03-04
    Author
    IKHSANI, Akbar Anugrah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Cadangan minyak mentah dunia mengalami pengurangan dan lingkungan telah mempertimbangkan berfokus pada penggunaan sistem energi bersih, terbarukan dan berkelanjutan. Di tengah krisis energi saat ini timbul pemikiran untuk diversifikasi energi dengan mengembangkan sumber energi lain untuk energi alternatif untuk penyediaan konsumsi energi nasional. Indonesia memiliki beraneka ragam sumber daya energi fosil seperti minyak dan gas bumi sedangkan pada energi alternatif yaitu panas bumi, energi air, biogas,biomassa, matahari, angin, dan gelombang laut Pemakaian etanol sebagai bahan bakar kendaran bermotor, baik secara murni atau dengan dicampur bensin, telah mendapat perhatian dari para peneliti sejak 40 tahun terakhir Penambahan etanol pada bensin dengan konsentrasi rendah dapat mengakibatkan performa kendaraan menjadi meningkat tanpa mengubah sistem dan komponen pada kendaraan akan tetapi berbeda jika konsentrasi campuran etanol dan bensin terlalu tinggi terutama pada panas laten bahan bakar etanol dan bensin yang memiliki perbedaan yang sangat tinggi karena etanol memiliki panas laten tiga kali lipat dari panas laten bensin. Sehingga dibutuhkan perlakuan pada sistem motor bakar yang menggunakan bahan bakar etanol dan bensin dengan konsentrasi tinggi agar penggunaan etanol dapat dilakukan pada mesin berbahan bakar bensin. Berbagai macam perubahan sistem pada kendaraan dapat dilakukan salah satunya adalah memanaskan udara masuk dan memvariasikan nilai lambda dalam ruang bakar karena etanol dan bensin memiliki karakteristik yang berbeda. untuk mendapatkan performa yang maksimal maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melakukan pemanasan udara masuk ruang bakar dan memvariasikan nilai lambda diharapkan kinerja mesin etanol dapat lebih baik dari pada mesin bensin. Oleh karena itu perlu mendapatkan suhu udara masuk ruang bakar dan air fuel ratio yang tepat yang tepat pada campuran bahan bakar etanol dan bensin. Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan 2 perlakuan yakni perlakuan nilai lambda dan suhu udara masuk, untuk tiap variasi nilai lambda dilakukan 4 perlakuan pemanasan udara masuk. Nilai lambda yang digunakan yakni 0,9, 1, 1,1 dan perlakuan suhu yang digunakan 26°C (standar), 30°C, 40°C dan 50°C, dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa untuk nilai torsi tertinggi terdapat pada bahan bakar E30 dengan variasi nilai lambda 1,1 dengan perlakuan suhu 30°C dengan nilai 9,56 N.m, untuk daya tertinggi pada bahan bakar E30 dengan variasi nilai lambda 1,1 dengan perlakuan suhu 30°C dengan nilai 6,36 kW dan nilai konsumsi bahan bakar spesifik pada penggunaan E0 dengan perlakuan suhu 30°C dengan variasi nilai lambda 1,1 , sfc minimum sebesar 0,16 kg/HP.jam, untuk efisiensi termal terbaik pada E30 dengan perlakuan suhu 30°C dengan variasi nilai lambda 1,1 dengan nilai 43,38% dan untuk tekanan efektif rata – rata pada E30 dengan perlakuan suhu 30°C dengan variasi lambda 1,1 bmep yang dihasilkan sebesar 1109,45 kPa. Pada emisi gas buang nilai CO terendah terdapat pada bahan bakar E50 dengan variasi lambda 1,1 dengan suhu standar dengan nilai CO 1,48% dan nilai HC terendah pada bahan bakar E50 dengan variasi lambda 1,1 dengan pemanasan udara standar dengan kandungan HC 173 ppm
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107922
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository