• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Computer Science
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Perancangan dan Implementasi Sistem Lelang Penjualan Ponsel dan Fitur Chatbot Layanan Pelanggan Menggunakan Natural Language Understanding (NLU)

    Thumbnail
    View/Open
    Kevin Kurniawan - 172410101005.pdf (5.396Mb)
    Date
    2021-07-27
    Author
    KURNIAWAN, Kevin
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Lelang online merupakan pemanfaatkan dari Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam bidang bisnis. Hadirnya lelang online mampu menjangkau lebih banyak peserta lelang dan biaya administrasi lebih rendah dibandingkan lelang konvensional. Di dalam lelang menjual berbagai jenis barang salah satunya ponsel bekas. Ponsel bekas yang tidak terpakai beresiko meningkatkan jumlah sampah elektronik, maka diperlukan sebuah wadah yang dapat menampung ponsel bekas agar dapat dijual kembali bagi yang membutuhkan salah satunya dengan menggunakan konsep lelang online tersebut. Dalam pelaksanaan lelang online tentu terdapat masalah informasi yang diperlukan oleh pengguna lelang tersebut. Masalah tersebut baik berupa informasi seputar lelang atau informasi pengiriman atau informasi harga pasaran ponsel bekas. Masalah tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan chatbot, pertanyaan yang sering diajukan pengguna secara berulang dapat dijawab menggunakan bantuan AI yaitu chatbot. Chatbot dapat menjawab pertanyaan yang diberikan sehingga dapat mengurangi beban kerja dari petugas layanan pelanggan. Selain itu chatbot memiliki keunggulan lain yaitu dapat menjawab secara responsif dan selalu tersedia setiap saat. Chatbot yang telah dibuat untuk menjawab pertanyaan pengguna harus dilatih terlebih dahulu agar dapat menjawab secara tepat. Chatbot mampu menganalisa percakapan pengguna dan dianalisa secara semantik atau disebut sebagai NLU (Natural Language Understanding). Dalam chatbot NLU terdapat data latih yang dapat mengekstrasi entitas dan memudahkan untuk klasifikasi intent. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sistem lelang yang bekerja sesuai dengan fungsinya serta chatbot yang dapat menjawab pertanyaan pengguna dengan baik dan benar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107522
    Collections
    • UT-Faculty of Computer Science [1050]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository