Optimasi Desain dan Analisis Rangka Mobil Listrik Jenis Spaceframe untuk Kendaraan Kompetisi
Abstract
Sasis kendaraan berfungsi sebagai komponen tulang punggung kendaraan yang 
menerima beban baik dari kendaraan maupun selama kendaraan melaju dilintasan. 
Performa struktur sasis kendaraan dalam menerima pembebanan pada kondisi kritis 
kendaraan perlu direncanakan untuk mencapai performa kendaraan yang baik dan 
menunjang keamanan pengemudi. Simulasi pemodelan dengan finite element 
methode (FEA) mengacu pada kondisi kritis kendaraan saat berbelok dan saat 
tabrakan pada arah depan atau front crash impact. Kondisi kendaraan saat berbelok 
digunakan untuk menentukan pembebanan puntir sasis kendaraan pada sumbu 
depan, sumbu belakang dan kombinasi sumbu depan belakang. Simulasi pemodelan 
struktur sasis kendaraan dilakukan untuk mengetahui reaksi desain sasis yang 
digunakan tim mobil listrik saat ini dengan digunakan sebagai dasar analisa dan 
optimasi sasis dalam bentuk 2 desain spaceframe yakni sasis optimasi 1 yang 
memiliki posisi center of grafity yang rendah dan sasis optimasi 2 dengan posisi 
bagian bawah sasis kendaraan yang datar. Sasis spaceframe yang digunakan 
sebagai desain optimasi mengacu pada kemampuan membentuk susunan struktur 
triangulasi yang baik. Setelah didapatkan hasil simulasi pemodelan akan dilakukan 
analisa dan perbandingan performa sasis yang digunakan tim dengan sasis optimasi 
1 dan optimasi 2. Karakteristik performa sasis kendaraan berdasarkan pada nilai 
torsional stiffness, safety factor, posisi kritis sasis dan massa sasis yang dihasilkan 
dalam penelitian. Hasil didapatkan dari desain masing masing sasis menunjukan 
karakteristik desain sasis optimasi 1 dengan susunan secara triangulasi dan posisi 
pusat center of gravity yang rendah memiliki karakteristik paling baik diantara 
desain sasis lainnya. Desain optimasi 1 menghasilkan nilai torsional stifness 
(Nm/deg°) & safety factor masing masing posisi pembebanan sumbu depan 
14314,99 & 2,052; sumbu belakang 11600,84 & 2,306; kombinasi sumbu depan belakang 17824,3 & 2,306. Sasis Optimasi 1 menghasilkan reduksi massa sasis 
dibanding desain sasis tim sebesar 20 Kg dan dalam pembebanan front crash impact 
menghasilkan nilai safety factor sebesar 1,469 dengan kondisi tabrakan dari arah 
depan dengan kecepatan 70 Km/h dan waktu tabrakan 0,2 second.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4394]