Analisis Kualitas Layanan E-Kinerja Menggunakan Metode E-Govqual dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus: OPD Se-Kabupaten Banyuwangi)
Abstract
Evaluasi Kualitas Layanan E-Kinerja Menggunakan Metode E-Govqual dan Importance
Performance Analysis (Studi Kasus OPD Se-Kabupaten Banyuwangi), Reinaldi Ananda
Putra, 162410101083; 2022, 135 HALAMAN; Fakultas Ilmu Komputer Universitas Jember
Penerapan e-Government sebagai salah satu hasil dari Perpres No. 95 Tahun 2018
tentang SPBE telah diterapkan di berbagai daerah salah satunya Kabupaten Banyuwangi.
Implementasi e-Government berupa layanan e-Kinerja merupakan amanat dari Perpres No.
29 Tahun 2014 mengenai SAKIP. Layanan e-Kinerja merupakan aplikasi berbasis website
yang dikembangkan pada 2017 dan memuat indikator-indikator kinerja untuk mengukur
kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN). Layanan e-Kinerja digunakan untuk menilai
kinerja pegawai sebagai langkah percepatan evaluasi suatu lembaga dan organisasi. Sejak
awal hingga empat tahun penggunaan, belum ada evaluasi yang dilakukan terhadap kinerja
layanan e-Kinerja secara menyeluruh dan terdokumentasi. Selama masa penggunaan eKinerja juga terdapat beberapa keluhan dan kendala yang disampaikan oleh pengguna secara
tidak langsung atau melalui pesan kepada pegawai Diskominfo. Oleh karena itu untuk
meningkatkan kualitas layanan, perlu dilakukan evaluasi terukur secara berkala dengan
membandingkan kinerja layanan dengan manfaat yang diterima oleh pengguna.