dc.description.abstract | FCU Mudskip merupakan mobil yang didesain dengan sistem medan
pedesaan khususnya untuk pengangkutan perikanan. Mobil FCU Mudskip
menggunakan suspensi pegas daun pada bagian belakang untuk menahan beban
kendaraan yang condong ke bagian belakang. Beban kendaraan condong ke bagian
belakang disebabkan oleh sistem pengangukutan mobil berupa ikan dan air. Sistem
pengangkutan tersebut dapat menyebabkan kegagalan pada bagian pegas daun.
Analisis dilakukan untuk mengetahui nilai tegangan, regangan dan siklus pada
pegas daun. Software ansys 18.1 digunakan untuk mendapatkan nilai tegangan,
regangan, dan siklus pegas daun dengan tebal 7 mm, 10 mm, dan 13 mm. Nilai
tegangan pada pegas daun tebal 7 = 124,31 Mpa; tebal 10 mm = 63,49 Mpa; tebal
13 mm = 40,64 Mpa; nilai regangan pada pegas daun tebal 7 mm = 0,00075; tebal
10 mm = 0,00036; tebal 13 mm = 0,00024; siklus yang dapat diterima pegas daun
tebal 7 mm = 69206 siklus, 10 mm = 75649 siklus, dan tebal 13 mm = 95540 siklus.
Pegas daun tebal 13 mm merupakan pegas daun yang paling optimal karena dapat
menerima siklus terbanyak yaitu 95540 siklus, sesuai fungsi dari pegas daun
sebagai peredam getaran | en_US |