• Login
    View Item 
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • MASTER THESES (Koleksi Tesis)
    • MT-Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran ilc3 (Identify, Literature Review, Construct, Create and Communicate) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bioteknologi

    Thumbnail
    View/Open
    Mellyatul Aini_180220104005-.pdf (41.12Mb)
    Date
    2020
    Author
    AINI, Mellyatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Siswa yang hidup pada abad 21 dituntut untuk menguasai keilmuan, berketerampilan metakognitif, berpikir kritis dan kreatif, serta dapat berkomunikasi dan berkolaborasi. Keterampilan abad 21 merupakan sebuah perkembangan yang diterima dengan baik dalam dunia pendidikan internasional, dimana perkembangan tersebut mengacu pada keterampilan kognitif, interpersonal, dan intrapersonal yang lebih tinggi. Keterampilan konitif meliputi pengetahuan, berpikir kritis, dan kemampuan penyelesaian masalah yang kompleks. Keterampilan interpersonal terdiri atas keterampilan kolaborasi dan komunikasi. Keterampilan intrapersonal terdiri atas belajar kompetensi dan pola pikir akademik. Untuk membiasakan dalam menerapkan keterampilan abad 21 dikehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create, and Communicate). Model pembelajaran ILC3 memiliki lima tahapan, yaitu tahap Identify, Literature review, Construct, Create, and Communicate. Tujuan penelitian pengembangan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi sebagai berikut: a) mendeskripsikan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) yang valid untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi, b) mendeskripsikan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) yang praktis untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi, dan c) mendeskripsikan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) yang efektif untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), yaitu mengembangkan model pembelajaran ILC3 dengan unsur unsur STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) untuk meningkatkan keterampilan abad 21 pada mahasiswa jenjang S1. Produk yang dihasilkan yaitu model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan produk menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas 4 tahap yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develope) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian diukur berdasarkan aspek valid, efektif dan praktis. Kevalidan model pembelajaran ILC3 diukur menggunakan validasi oleh validator. Adapun hasil validasi model ILC3. rerata validasi pada panduan model pembelajaran, perangkat model pembelajaran dan materi keseluruhan dengan kategori sangat valid. Kepraktisan model pembelajaran ILC3 dapat didapatkan dari data kuantitatif dan kualitatif berupa hasil pengisian lembar keterlaksanaan pembelajaran oleh observer serta respon dosen dan mahasiswa terhadap model pembelajaran ILC3. Rerata keseluruhan uji keterlaksanaan pada uji kelompok besar sebesar 95,24% dengan kategori sangat praktis. Rerata respon dosen pada uji kelompok besar sebesar 93,65% dengan kategori sangat baik. Pada uji kelompok besar memiliki rerata sebesar 92,05% dengan kategori sangat baik. Efektivitas model pembelajaran ILC3 dilihat dari hasil belajar kognitif mahasiswa. Didapatkan nilai N-gain sebesar 0,9 dengan kategori tinggi pada pertemuan pertama, sedangkan pada pertemuan kedua didapatkan nilai N-gain sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Rerata hasil penilaian keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi mahasiswa pada uji kelompok kecil dan uji kelompok besar berada pada kategori sangat baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103929
    Collections
    • MT-Teacher Training and Education [263]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository