Pengembangan Model Pembelajaran ilc3 (Identify, Literature Review, Construct, Create and Communicate) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bioteknologi
Abstract
Siswa yang hidup pada abad 21 dituntut untuk menguasai keilmuan,
berketerampilan metakognitif, berpikir kritis dan kreatif, serta dapat
berkomunikasi dan berkolaborasi. Keterampilan abad 21 merupakan sebuah
perkembangan yang diterima dengan baik dalam dunia pendidikan internasional,
dimana perkembangan tersebut mengacu pada keterampilan kognitif,
interpersonal, dan intrapersonal yang lebih tinggi. Keterampilan konitif meliputi
pengetahuan, berpikir kritis, dan kemampuan penyelesaian masalah yang
kompleks. Keterampilan interpersonal terdiri atas keterampilan kolaborasi dan
komunikasi. Keterampilan intrapersonal terdiri atas belajar kompetensi dan pola
pikir akademik. Untuk membiasakan dalam menerapkan keterampilan abad 21
dikehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran
yang berpusat pada siswa.
Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yaitu model
pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create, and
Communicate). Model pembelajaran ILC3 memiliki lima tahapan, yaitu tahap
Identify, Literature review, Construct, Create, and Communicate. Tujuan
penelitian pengembangan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review,
Construct, Create and Communicate) untuk meningkatkan keterampilan abad 21
mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi sebagai berikut: a) mendeskripsikan
model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and
Communicate) yang valid untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa
pada mata kuliah Bioteknologi, b) mendeskripsikan model pembelajaran ILC3
(Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) yang praktis
untuk meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah
Bioteknologi, dan c) mendeskripsikan model pembelajaran ILC3 (Identify, Literature review, Construct, Create and Communicate) yang efektif untuk
meningkatkan keterampilan abad 21 mahasiswa pada mata kuliah Bioteknologi.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development), yaitu mengembangkan model pembelajaran ILC3 dengan unsur unsur STEM (Science Technology Engineering and Mathematics) untuk
meningkatkan keterampilan abad 21 pada mahasiswa jenjang S1. Produk yang
dihasilkan yaitu model pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian
dan pengembangan yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian
pengembangan produk menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri atas
4 tahap yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan
(develope) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian diukur berdasarkan
aspek valid, efektif dan praktis. Kevalidan model pembelajaran ILC3 diukur
menggunakan validasi oleh validator.
Adapun hasil validasi model ILC3. rerata validasi pada panduan model
pembelajaran, perangkat model pembelajaran dan materi keseluruhan dengan
kategori sangat valid. Kepraktisan model pembelajaran ILC3 dapat didapatkan
dari data kuantitatif dan kualitatif berupa hasil pengisian lembar keterlaksanaan
pembelajaran oleh observer serta respon dosen dan mahasiswa terhadap model
pembelajaran ILC3. Rerata keseluruhan uji keterlaksanaan pada uji kelompok
besar sebesar 95,24% dengan kategori sangat praktis. Rerata respon dosen pada
uji kelompok besar sebesar 93,65% dengan kategori sangat baik. Pada uji
kelompok besar memiliki rerata sebesar 92,05% dengan kategori sangat baik.
Efektivitas model pembelajaran ILC3 dilihat dari hasil belajar kognitif
mahasiswa. Didapatkan nilai N-gain sebesar 0,9 dengan kategori tinggi pada
pertemuan pertama, sedangkan pada pertemuan kedua didapatkan nilai N-gain
sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Rerata hasil penilaian keterampilan berpikir
kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi mahasiswa pada uji kelompok kecil dan
uji kelompok besar berada pada kategori sangat baik.