| dc.description.abstract | Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin mutakhir maka tidak dapat  dipungkiri  bahwa  internet  juga  tidak  kalah  berkembang.  Internet  telah beralih fungsi dari yang dahulu hanya sebatas layanan pencari data atau informasi dan alat komunikasi kini menjadi populer dimanfaatkan sebagai media marketing. Salah satu pemanfaatan teknologi internet yang menggabungkan aspek kegiatan bisnis dan teknologi adalah bisnis online. Global Web Index mencatat Indonesia memiliki tingkat pengguna  e-commerce tertinggi di dunia. Laporan yang dirilis We Are Social ini menyebutkan 96% pengguna internet pernah mencari produk atau layanan untuk dibeli secara online.
Dari data survey yang dilakukan pada 2020 yang dilakukan oleh Jajak Pendapat, diketahui bahwa 70,5% responden lebih memilih untuk melakukan aktivitas   belanja   secara   online   dibandingkan   mengunjungi   offline   store. Tokopedia merupakan marketplace online yang memungkinkan setiap individu dan  pemilik  bisnis  di  Indonesia  membuka  dan  mengurus  toko  online  mereka secara mudah, sekaligus memberikan pengalaman jual beli online secara aman dan nyaman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use, harga dan promosi terhadap minat beli ulang konsumen di Tokopedia. Penelitian ini menggunakan pendekatan explanatory research dengan menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif yang  dikuantitatifkan,  dengan  sumber  data  yang  berasal  dari penyebaran kuesioner secara online. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan memberikan kriteria-kriteria tertentu. Sampel yang digunakan sebanyak 120 responden.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel perceived ease of use, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang konsumen di Tokopedia.  Dari  hasil  uji  spss  variable  promosi  mempunyai  pengaruh  paling tinggi  terhadap  minat  beli  ulang  di  tokopedia    dengan  konstanta  0,530  dan variabel Perceived ease of use  mempunyai konstanta sebesar 0,244 dan variabel harga mempunyai konstanta sebesar 0,278. Menurut konsumen aplikasi di Tokopedia sangat mudah digunakan selain itu merchant di Tokopedia memiliki harga yang terjangkau. Dan konsumen merasa  iklan yang diberikan Tokopedia sangat menarik. | en_US |