Show simple item record

dc.contributor.advisorIrmadariyani, Ririn
dc.contributor.advisorPurnamawati, Indah
dc.contributor.authorDhamayanti, Annisa
dc.date.accessioned2021-03-23T02:21:56Z
dc.date.available2021-03-23T02:21:56Z
dc.date.issued2020-11-02
dc.identifier.nim170810301143
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103509
dc.description.abstractDi era sekarang ini, perusahaan dituntut untuk terus berkompetisi agar dapat mempertahankan usahanya. Meskipun tujuan utama perusahaan yaitu untuk mendapatkan laba yang maksimal, bukan berarti perusahaan dapat mengabaikan kepentingan-kepentingan lainnya. Perusahaan juga perlu untuk memberi perhatian terhadap aspek sosial dan lingkungan di sekitar perusahaan tersebut beroperasi agar perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang. Tanggung jawab sosial lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai suatu alat komunikasi antara perusahaan dengan kelompok pemangku kepentingan mengenai dampak yang ditimbulkan dari aktivitas ekonomi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh profitabilitas terhadap pengungkapan CSR, (2) menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap pengungkapan CSR, dan (3) menganalisis pengaruh agresivitas pajak terhadap pengungkapan CSR. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk perusahaan yang menjalankan program CSR, pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Pajak, dan masyarakat. Fokus penelitian ini adalah 16 perusahaan pertambangan dan pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2019. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang bersumber dari laporan tahunan atau laporan berkelanjutan perusahaan dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas yang diproksikan dengan Return on Asset (ROA) berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), ukuran perusahaan (SIZE) yang dihitung menggunakan logaritma natural dari total penjualan berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan agresivitas pajak yang diproksikan dengan Effective Tax Rate (ETR) tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR).en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2020en_US
dc.subjectPofitabilitasen_US
dc.subjectUkuran Perusahaanen_US
dc.subjectAgresivitas Pajaken_US
dc.subjectPengungkapan Corporate Social Responsibilityen_US
dc.subjectCSRen_US
dc.titlePengaruh Pofitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Agresivitas Pajak terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record