Pengaruh Kualitas Produk, Keberagaman Produk, Harga, dan Promosi terhadap Minat Beli Ulang Produk Es Krim Aice (Studi pada Konsumen Kalangan Mahasiswa di Kabupaten Jember)
Abstract
Industri es krim di indonesia terbilang cukup menarik. Tingkat konsumsi per kapita yang masih rendah serta demografi penduduk Indonesia membuat potensi industri ini semakin besar. Beberapa hal yang menjadikan Indonesia sebagai ceruk yang manis untuk industri es krim adalah gaya hidup generasi milenial dan urban lifestyle cenderung menyukai produk makanan dan minuman ringan ditambah dengan iklim tropis di Indonesia membuat permintaan es krim relatif ada sepanjang tahun. Dengan potensi pasar yang sedemikian besar, Indonesia hanya memiliki dua pemain utama. Salah satu pendatang baru yang mampu melihat peluang ini ialah PT. Alpen Food Industry yang menaungi produksi es krim Aice di Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas produk, keberagaman produk, harga, dan promosi terhadap minat beli ulang produk es krim Aice melalui sudut pandang konsumen pada kalangan mahasiswa di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak100 responden. Kuesioner dipilih sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa kualitas produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y); keberagaman produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y); harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y); dan promosi (X4) berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang (Y) sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk, keberagaman produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang produk es krim Aice di Kabupaten Jember.