Analisis Pengaruh Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self-Confidence Siswa Pada Materi Barisan Dan Deret
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, kita selalu menghadapi banyak permasalahan. 
Permasalahan-permasalahan itu tentu saja tidak semuanya merupakan 
permasalahan matematis, namun matematika memiliki peranan yang sangat 
sentral dalam menjawab permasalahan keseharian itu (Suherman, 2003). Hal ini 
bisa diartikan bahwa matematika sangatlah dibutuhkan oleh setiap orang dalam 
kehidupan sehari-hari untuk membantu memecahkan permasalahan. Salah satu 
tujuan pembelajaran matematika berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan 
adalah memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan konsep matematika dalam 
konteks pemecahan masalah. Namun dalam pelaksanaan di lapangan, siswa 
cenderung kesulitan dalam menyelesaikan persoalan terkait pemecahan masalah 
dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan siswa 
dalam pemecahan masalah matematis karena dalam pembelajaran siswa tidak 
terbiasa berpikir secara kreatif. Untuk itu diperlukan upaya nyata dalam 
meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran 
matematika.
