Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pengguna Ovo dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs)
Abstract
OVO merupakan aplikasi pembayaran yang berada dibawah naungan Lippo
Group yang dapat digunakan dengan penggunanya sebagai layanan pembayaran
dan bertransaksi secara online. Pada tahun 2017, ada lebih dari 80 merchant yang
telah bekerjasama dengan OVO, antara lain Matahari Department Store,
Hypermart, MAXX Coffee, Agoda, CineMaxx, dan lain-lain. Dan pada tahun 2018
telah menjangkau 303 kota di seluruh Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat
mempengaruhi tingkat kepuasan penggunanya dengan menggunakan metode End
User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS memliki 5 variabel yaitu,
content (isi), accuracy (keakuratan), format (format), ease of use (kemudahan
pengguna), dan timeliness (keakuratan waktu).
Jumlah sampel pada penellitian ini sebanyak 349 responden yang telah
terdaftar sebagai pengguna aplikasi OVO di seluruh Indonesia. Data anaalisis ini
kemudian diolah dengan menggunakan tools SPPS. Dari pengolahan data yang ada
diketahui bahwa variabel yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasaan pengguna adalah variabel format dan variabel ease of use. Sedangkan
variabel content, accuracy dan timeliness berpengaruh negative dan signifikan
terhadap pengguna aplikasi OVO.