Show simple item record

dc.contributor.advisorJUWITA, Oktalia
dc.contributor.advisorARIFIN, Fajrin Nurman
dc.contributor.authorCAHYUNIA, Putri Kharisma Dwi
dc.date.accessioned2020-12-21T04:18:33Z
dc.date.available2020-12-21T04:18:33Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102811
dc.description.abstractCV Semeru Marketindo merupakan salah satu perusahaan yang bergerak pada bidang pendistribusian produk dan jasa yang menggandeng para umkm-umkm di Kabupaten Lumajang yang telah menggunakan pemanfaatan SI/TI dalam mengembangkan perusahaannya untuk mewujudkan tujuan dari perusahaan yang telah direncanakan, menurut Herman Royanto, Manajer CV Semeru Marketindo, pada tahun 2019 SI/TI yang digunakan memiliki beberapa kendala yang akan terus dibenahi. Manajer CV Semeru Marketindo dalam hal ini perlu melakukan evaluasi yang menilai kinerja SI/TI yang digunakan apakah sudah sesuai dengan strategi bisnis, dan strategi IT yang telah direncanakan sebelumnya agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada pegawai. Penelitian ini melakukan evaluasi kualitatif penerapan SI/TI dengan menggunakan metode IT Balanced Scorecard melalui empat perspektifnya yaitu perspektif kontribusi perusahaan, perspektif orientasi pelanggan, perspektif penyempurnaan operasional, dan perspektif orientasi masa depan dengan menggunakan analisa bisnis internal melalui analisa SWOT dan analisa CSF kemudian menghubungkan sebab akibat supaya membantu perusahaan untuk mengetahui hubungan setiap perspektif melalui peta strategi dan melakukan usulan perbaikan dengan menggunakan diagram fishbone. Dengan adanya hasil evaluasi dan usulan perbaikan tersebut diharapkan dapat memberikan saran perbaikan dan pengembangan yang optimal terhdap pencapaian kinerja SI/TI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat perspektif IT Balanced Scorecard yaitu perspektif kontribusi perusahaan, orientasi pengguna, penyempurnaan operasional dan orientasi masa depan hanya perspektif kontribusi perusahaan yang telah tercapai, perspektif orientasi pengguna sudah dua faktor kritis yang tercapai sedangkan untuk faktor kritis kesempatan pelatihan untuk pengguna yang merata tidak tercapai, perspektif penyempurnaan operasional sudah satu faktor kritis yang tercapai satu tidak tercapai, dan perspektif orientasi masa depan dua faktor kritis tercapai dan satu lagi masih tidak tercapai. Hal ini berarti secara keseluruhan kinerja SI/TI pada CV Semeru Marketindo khususnya dalam perspektif kontribusi perusahaan sudah baik, namun pada perspektif orientasi pengguna, perspektif penyempurnaan operasional, dan perspektif orientasi masa depan belum memenuhi keseluruhan nilai dari key performance indicator yang telah ditentukan pada tiap-tiap faktor kritisnya, untuk itu perlu adanya perbaikan pada faktor kritis yang tidak tercapai dengan usulan perbaikan menggunakan diagram fishboneen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries162410101047;
dc.subjectKinerjaen_US
dc.subjectDivisien_US
dc.subjectBalanced Scorecarden_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Divisi It CV Semeru Marketindo Menggunakan It Balanced Scorecarden_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record