Show simple item record

dc.contributor.advisorDAFIK
dc.contributor.advisorKRISTIANA, Arika Indah
dc.contributor.authorHARJITO, Lelita Oktafianti
dc.date.accessioned2020-12-13T15:08:37Z
dc.date.available2020-12-13T15:08:37Z
dc.date.issued2020-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102529
dc.description.abstractKeterampilan generalisasi sangat dibutuhkan dalam setiap pembelajaran. Namun dalam pembelajaran masih belum memaksimalkan keterampilan generalisasi pada mahasiswa. Oleh karena itu dalam penelitian ini akan diterapkan Problem Based Learning untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan generalisasi mahasiswa. Problem Based Learning adalah sebuah stategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk mengembangkan kemampuan berpikir serta keterampilan memecahkan masalah dengan menggunakan langkahlangkah ilmiah untuk mengintegrasikan ilmu baru. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang menggabungkan antara kualitatif dan metode kuantitatif atau bisa disebut metode gabungan. Penelitian ini melibatkan 62 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari 32 mahasiswa dari kelas eksperimen dan 30 mahasiswa dari kelas kontrol. Hasil dari penelitian akan diperoleh melalui pretest dan postest. Langkah awal yang dilakukan sebelum mengembangkan perangkat pembelajaran adalah menentukan kelas pengembangan sebagai acuan atau dasar pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat pada penelitian ini mengacu pada model Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Analisis data menggunakan statistik kuantitatif dengan aplikasi SPSS untuk menemukan perbedaan dari hasil belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan uji hipotesis diketahui bahwa p-value 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penerapan perangkat pembelajaran matematika x berdasarkan Problem Based Learning terhadap keterampilan generalisasi mahasiswa. Keterampilan generalisasi dibagi menjadi 4 level, yaitu level very high, high, average, dan low. Hasil pekerjaan mahasiswa digunakan untuk mengetahui alur berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan kajian r-dynamic vertex coloring. Tindakan yang dilakukan yaitu melakukan wawancara terhadap hasil pekerjaan mahasiswa. Monograf berisi penjelasan konsep r-dynamic vertex coloring. Selain itu monograf juga memuat aktivitas atau langkah-langkah riset yang dapat membantu mahasiswa untuk menemukan r-dynamic vertex coloring. Monograf terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu definisi graf, jenis graf, pewarnaan r-dynamic vertex coloring, tinjauan hasil penelitian terdahulu, penemuan pengembangan pola baru, dan generalisasinya dari penulis serta pola-pola yang telah ditemukan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan generalisasi mahasiswa di kelas eksperimen. Mahasiswa di kelas eksperimen menunjukkan keterampilan generalisasi mereka lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar mahasiswa dan keterampilan generalisasi dilihat dari postest. Nilai kelas eksperimen lebih baik karena dalam meningkatkan keterampilan generalisasi mahasiswa.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectPengembangan Perangkat Pembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectMasalah r-Dynamic Vertex Coloringen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berdasarkan Problem Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Generalisasi Mahasiswa Menyelesaikan Masalah R-Dynamic Vertex Coloringen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record