Show simple item record

dc.contributor.advisorSUSANTO
dc.contributor.advisorHOBRI
dc.contributor.authorRAHMAN, Hasan Saifur
dc.date.accessioned2020-12-13T14:57:09Z
dc.date.available2020-12-13T14:57:09Z
dc.date.issued2020-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102527
dc.description.abstractSeiring berkembangnya era dan zaman, maka perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Sehingga menuntut manusia pada era tersebut memiliki keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Keterampilan berpikir kritis dan kreatif dapat dilatihkan sejak menempuh pendidikan di sekolah dengan memunculkan permasalahan-permasalahan yang menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi dalam menyelesaikannya. Pemberian soal tipe HOTS (Higher Order Thinking Skill) mungkin bukan merupakan masalah yang berarti bagi sebagian siswa. Namun fakta yang banyak terjadi di lapangan tidak jarang siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Bahkan beberapa dari mereka merasa tidak terlayani dalam meyelesaikan permasalahan tipe tersebut. Sehingga cara lama berupa pemberian scaffolding diharapkan mampu menjadi solusi bagi siswa dalam menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini membahas tentang profil scaffolding yang dibutuhkan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah geometri ditinjau dari pelevelan geometri menurut van Hiele. Tiga level menurut van Hiele yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu level visual, level analisis, dan level deduksi informal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis scaffolding yang dibutuhkan oleh siswa pada level visual menurut van Hiele dalam menyelesaikan masalah geometri, mendeskripsikan jenis scaffolding yang dibutuhkan oleh siswa pada level analisis menurut van Hiele dalam menyelesaikan masalah geometri, dan mendeskripsikan jenis scaffolding yang dibutuhkan oleh siswa pada level deduksi informal menurut van Hiele dalam menyelesaikan masalah geometri. x Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada tahap awal penelitian calon subjek diberikan tes geometri untuk mengelompokkan level kemampuan geometri menurut van Hiele. Kemudian diambil beberapa sampel subjek yang merepresentasikan subjek pada level visual, subjek pada level analisis, dan subjek pada level deduksi informal menurut teori van Hiele. Dari setiap kelompok subjek kemudian akan diberikan masalah geometri tertulis sambil dilakukan wawancara secara mendalam dan proses pemberian scaffolding yang dibutuhkan oleh subjek, sehingga subjek dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek pada level visual cenderung membutuhkan banyak scaffolding dengan tipe yang beragam. Subjek pada level ini butuh petunjuk, penjelasan, dan contoh yang baik agar tidak salah dalam memutuskan alur penyelesaian masalah. Scaffolding tipe visual dan organisator tingkat tinggi juga dibutuhkan subjek level visual. Subjek pada level analisis cenderung membutuhkan tipe scaffolding pada beberapa poin saja. Subjek pada level ini butuh petunjuk, penjelasan, pertanyaan, pengingatan konsep, dan contoh yang baik agar tidak salah dalam memutuskan alur penyelesaian masalah. Scaffolding tipe visual masih dibutuhkan subjek level analisis. Sedangkan subjek pada level deduksi informal cenderung membutuhkan tipe scaffolding yang berkaitan dengan alur penyelesaian masalah saja. Subjek pada level ini hanya membutuhkan tipe scaffolding jenis petunjuk, pertanyaan, dan penjelasan hanya pada masalah tertentu saja. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah diharapkan ada penelitian lanjutan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan kemampuan geometri menurut level van Hiele yang lebih tinggi dan lebih menyeluruh. Selain itu juga diharapkan ada penelitian lanjutan yang membahas tentang manfaat lain dari penelitian ini, yaitu setelah subjek mendapatkan scaffolding yang tepat dalam menyelesaikan masalah geometri, apakah nantinya akan meningkatkan kreatifitas subjek dalam menyelesaikan masalah yang lain.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectProfil Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometrien_US
dc.subjectScaffoldingen_US
dc.subjectvan Hieleen_US
dc.titleProfil Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berbantukan Scaffolding Ditinjau Dari Level Van Hieleen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiMAGISTER PENDIDIKAN MATEMATIKA


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record