• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Citra Destinasi Dan Experience-Involvement Terhadap Word Of Mouth Melalui Kepuasan Pengunjung Pada Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Ira Dwi Cahyanti - 160810201133.pdf (4.326Mb)
    Date
    2020-02-14
    Author
    CAHYANTI, Ira Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata telah menjadi industri yang semakin berkembang. Seiring dengan perkembangannya, Pemerintah Indonesia menerapkan program pembangunan kepariwisataan berkelanjutan. Program ini membahas agar wisata dapat dilakukan di daerah tujuan wisata bukan di suatu kota. Hal ini dapat dilakukan dengan memberdayakan penduduk sekitar dan komunitas lokal sebagai penggerak utama dalam pengembangan pariwisata di desa. Salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Jember adalah Desa Ledokombo yang memiliki konsep wisata berbasis kearifan lokal dengan nama “Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo”. Kampung wisata ini tidak hanya mendukung keindahan alam, namun juga budaya dan tradisi masyarakat lokal. Pesaing antar destinasi yang semakin banyak menyebabkan Kampung Wisata Belajar Tanoker setuju untuk fokus terhadap kepuasan pengunjung dan akhirnya pengunjung dapat membantunya untuk orang lain. Mendapatkan beberapa pengahargaan dan berpartisipasi dalam kegiatan bertaraf nasional atau internasional dapat membentuk citra atau kesan yang baik dari pengunjung. Selain itu, menciptakan keterlibatan pengunjung dalam setiap atraksi yang ditawarkan dapat menciptakan kepuasan bagi pengunjung. Terciptanya kepuasan pengunjung akan memberikan manfaat salah satunya adalah membuat suatu rekomendasi dari mulut ke mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh citra destinasi dan experience-involvement terhadap word of mouth melalui kepuasan pengunjung pada Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo. Metode pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner secara online maupun offline kepada 112 responden yang dipilih menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo, experience-involvement berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo, citra destinasi berpengaruh signifikan terhadap word of mouth Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo, experience-involvement berpengaruh signifikan terhadap word of mouth Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo, kepuasan pengunjung berpengaruh signifikan terhadap word of mouth Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo dan kepuasan pengunjung mampu memediasi citra destinasi dan experience-involvement terhadap word of mouth Kampung Wisata Belajar Tanoker Ledokombo.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102516
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository