• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Aplikasi Model Apposite (Application of Step Instruction and Elaboration) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Materi Suhu Dan Kalor

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Kamila-160210102037.pdf-.pdf (8.327Mb)
    Date
    2020-03-20
    Author
    KAMILA, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika adalah salah satu cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari berbagai gejala alam yang terdiri dari proses dan produk. Tujuan pembelajaran fisika adalah agar siswa bisa menguasai konsep dan mampu mengaplikasikan konsep dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil wawancara terbatas dengan salah satu guru fisika di SMA Muhammadiyah 3 Jember, bahwasannya secara umum dalam proses pembelajaran fisika masih cenderung menerapkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Kondisi ini menyebabkan pemahaman sebagian besar siswa terhadap materi tidak maksimal yang akhirnya hasil belajar fisika mereka rendah. Oleh kerena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang mampu memunculkan keterlibatan langsung siswa secara aktif untuk mengamati dan membuktikan suatu konsep fisika melalui percobaan, sehingga menambah rasa ingin tahu siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan fisika dalam kehdupan sehari-hari. Salah satu model pembelajaran tersebut yaitu model APPOSITE, karena pada setiap tahapan model APPOSITE dapat melatih keterampilan proses sains siswa menjadi lebih baik yang akan meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini ada dua yaitu: (1) mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan model APPOSITE pada materi suhu; (2) mengkaji perbedaan signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model APPOSITE dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model direct instruction pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Tempat penelitian ditentukan dengan cara purposive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan penilaian LKS. Teknik analisis data untuk keterampilan proses sains siswa dengan mempresentase hasil penilaian LKS dan hasil observasi kemudian ditentukan kriterianya. Teknik analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan uji t Independent Sample T-Test dan perhitungan N-gain. Hasil analisis keterampilan proses sains menunjukkan bahwa persentase rata-rata seluruh indikator keterampilan proses sains dikategorikan baik yaitu sebesar 80,85%. Analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, nilai tersebut kurang dari taraf signifikan yaitu 0,05. Berdasarkan pedoman dalam pengambilan keputusan, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model APPOSITE dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model direct instruction. Hal ini juga dilihat dari perhitungan N- gain pada kelas eksperimen sebesar 0,36 yang termasuk dalam kategori sedang sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,22 yang termasuk dalam kategori rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) keterampilan proses sains siswa selama pembelajaran dengan model APPOSITE pada materi suhu dan kalor termasuk dalam kategori baik; (2) terdapat perbedaan signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model APPOSITE dengan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model direct instruction pada materi suhu dan kalor. Hal ini juga didukung dari hasil perhitungan N-gain kelas yang menggunakan model APPOSITE sebesar 0,36 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan hasil perhitungan N-gain kelas yang menggunakan model direct instruction sebesar 0,22 yang termasuk dalam kategori rendah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102427
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3440]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository