Show simple item record

dc.contributor.authorAGUS WIRAHADI KUSUMA
dc.date.accessioned2013-12-19T01:13:48Z
dc.date.available2013-12-19T01:13:48Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM090210204131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10215
dc.description.abstractRendahnya nilai hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember disebabkan oleh beberapa faktor antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih kurang bervariasi, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan strategi pembelajarannya tidak disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di SDN Kemuning Lor 04 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kemuning Lor 04 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember, dimulai pada tanggal 18 Juli 2011 sampai tanggal 31 Desember 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 29 anak, terdiri dari 14 lakilaki dan 15 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes akhir siklus I, tes akhir sklus II, dan analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS serta jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember selama proses pembelajaran melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah yaitu sebesar 93,10%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 63,29 % dan 83,90 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember selama proses pembelajaran melaui Model Pembelajaran Berbasis Masalah sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Kemuning Lor 04 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka dapat diajukan saran yaitu model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran IPS sebagai upaya dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204131;
dc.subjectModel Pembelajaran Berbasis Masalah Pelajaran IPS Pokok Bahasan Keragaman Sosial dan Budayaen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM KELAS IV SDN KEMUNING LOR 04 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record