Show simple item record

dc.contributor.authorAGNES NOFRENTIN ROHARINI
dc.date.accessioned2013-12-19T00:59:10Z
dc.date.available2013-12-19T00:59:10Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM090210204160
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10213
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di sekolah saat ini, masih belum sepenuhnya menerapkan model maupun metode pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar mengajar di kelas. Pada umumnya dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah ataupun metode tanya jawab dan penugasan tanpa mengkombinasikan dengan model lain yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan Model ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) merupakan model pembelajaran yang strateginya berorientasi pada konstruktivisme, dalam pembelajaran ROPES siswa yang harus aktif mengkonstruksi pengetahuannya, sementara tugas guru adalah membantu siswa menemukan fakta, konsep, atau prinsip bagi diri mereka sendiri bukan memberikan ceramah atau mengendalikan seluruh aktivitas pembelajaran di kelas. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan ketuntasan belajar siswa kelas III semester gasal tahun pelajaran 2011/2012 SDN Wonokerto 01 Kecamatan Wonokerto Kabupaten Lumajang dalam pelajaran IPA materi sifat-sifat benda padat, cair dan gas melalui model ROPES. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan belajar melalui pembelajaran dengan model ROPES dalam mata pelajaran IPA siswa kelas III SDN Wonokerto 01 Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Wonokerto 01 Lumajang, dimulai 17 Oktober 2011 sampai 5 November 2011, subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 7 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah model skema dari Hopkins yang terdiri dari empat fase yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPA dengan model ROPES dan analisis tes ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model ROPES pada siklus I dan siklus II. Hasil analisis aktivitas siswa pada tahap prasiklus mencapai 53,33% dengan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 35%. Hal ini menunjukkan bahwa pada tahap prasiklus, aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran kurang aktif dan secara klasikal hasil belajar yang diperoleh belum memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Pada siklus I persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 61,10% dan secara klasikal ketuntasan hasil belajar yang dicapai sebesar 75%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I yaitu sebesar 69,32% dengan ketuntasan hasil belajar yang dicapai sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II, siswa telah mengikuti pembelajaran dengan aktif dan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh telah memenuhi standar KKM yang ditetapkan. Kesimpulan dari penerapan model pembelajaran ROPES dengan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas III di SD Negeri Wonokerto 01 Lumajang pada tiap siklusnya. Adapun saran pada penerapan model pembelajaran ROPES dengan pemberian tugas sebaiknya semua siswa memahami materi yang disampaikan agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, hendaknya guru aktif memberikan motivasi kepada siswa untuk berfikir secara kritis dan berperan aktif membimbing siswa dalam menguasai konsep yang dipelajari.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204160;
dc.subjectReview, Overview, Presentation, Exercise, Summaryen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL ROPES (REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY) DENGAN PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS III SD NEGERI WONOKERTO 01 LUMAJANG SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2011/ 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record