Show simple item record

dc.contributor.advisorADNAN, Fahrobby
dc.contributor.advisorPUTRA, Januar Adi
dc.contributor.authorSAVITRI, Ika Richa
dc.date.accessioned2020-11-16T03:48:50Z
dc.date.available2020-11-16T03:48:50Z
dc.date.issued2020-06-16
dc.identifier.nimNIM162410101019
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101967
dc.description.abstractInternet banking Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu fasilitas layanan yang diberikan kepada nasabah untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet, serta dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, dan 365 hari setahun (Antasari et al., 2016). Internet banking BRI juga memudahkan nasabah dalam dalam melakukan aktifitas perbankan hanya dengan menggunakan layanan tersebut dapat menghemat waktu karena tidak perlu lagi antri di bank selama berjam-jam untuk melakukan transaksi. Internet banking BRI dapat diakses melalui smartphone dan desktop atau komputer. Banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan internet banking BRI melalui aplikasi di smartphone, dikarenakan lebih nyaman dan mudah dalam penggunaannya, tampilan yang sederhana, serta tidak perlu mengirimkan m-Token. Internet banking (BRI) telah digunakan seluruh Indonesia, akan tetapi peneliti ingin mengetahui bagaimana respon dari sudut pandang masyarakat Suku Madura. Serta berdasarkan data wawancara dari manager bank BRI Jember, belum pernah dilakukan evaluasi sebelumnya terkait user experience aplikasi internet banking, sehingga belum diketahui bagaimana respon pengguna menggunakan aplikasi internet banking BRI terkait user experience. Dari hasil evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini akan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Variabelvariabel pada Heuristic Evaluation yaitu visibility of system status, match and between system and the real world, user control and freedom, consistency and standards, error prevention, recognition rather than recall, flexibility and efficiency of use, aesthetic and minimalist design, help users recognize, diagnose and recovers from errors, help and documentation dan privacy. Tambahan prinsip Heuristic Evaluation telah dianggap perlu untuk dimasukkan, karena internet banking merupakan suatu aplikasi yang diharuskan membantu pengguna dalam melindungi informasi pribadi, yang nantinya membuat beberapa menu hanya dapat diakses dengan memasukkan password. Hasil dari penelitian ini yaitu rekomendasi perbaikan tiap item pada variabel Heuristic Evaluation. Tahap awal yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penyusunan instrumen yang kemudian dijadikan butir-butir kuesioner dan dilanjutkan dengan uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pengambilan data dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 349 responden atau pengguna aplikasi internet banking BRI. Hasil dari kuesioner kemudian dianalisa dan dihitung untuk mendapatkan severity aplikasi internet banking BRI selanjutnya. Hasil dari penelitian ini memiliki 34 item yang menghasilkan severity ratings tertinggi yaitu 2 (minor usability problem) pada item yang menjelaskan jika suatu aplikasi tidak hanya menampilkan gambar sebagai sumber informasi, tetapi juga memiliki standar bagi pengguna penyandang cacat khususnya (tuna netra atau rabun) harusnya suatu aplikasi internet banking BRI menyediakan untuk semua kalangan termasuk penyandang cacat (Variabel Consistency and standards), penggunaan tampilan pesan error menggunakan bahasa yang kurang familiar, seperti kata “alfanumerik”, harusnya memggunakan teks yang jelas dan mudah dipahami (Variabel Error Prevention), tidak terdapat menu bantuan yang dapat membantu pengguna dengan mudah (Variabel Help and Documentation), tidak terdapat langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi internet banking BRI sehingga mudah Anda pahami (Variabel Help and Documentation) dan lainnya menghasilkan severity ratings 1 (cosmetic problem) pada 30 item lainnya. Dapat disimpulkan bahwa hampir seluruh bagian pada aplikasi internet banking BRI terdapat masalah tetapi tidak mengganggu kenyamanan pengguna, dan tidak perlu perbaikan apabila waktu terbatas.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFakultas Ilmu Komputeren_US
dc.subjectUser Experienceen_US
dc.subjectMetode Heuristic Evaluationen_US
dc.subjectAplikasi Internet Bankingen_US
dc.titleEvaluasi User Experience pada Aplikasi Internet Banking Bank Rakyat Indonesia (BRI) terhadap Prespektif Masyarakat Suku Madura dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluationen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiSistem Informasi
dc.identifier.kodeprodi2410101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record